Kamis, 04 Oktober 2012

NURUL HIJRANINGSIH (1252132070)

NAMA   : NURUL HIJRANINGSIH
KELAS : B
NIM     : 1252132070


1.     PENGERTIAN BIBLIOGRAFI

“Bibliografi (dari bahasa Yunani βιβλιογραφία, bibliographia, secara harfiah "penulisan buku"), sebagai sebuah praktik, adalah buku studi akademis seperti fisik, benda-benda budaya, dalam pengertian ini, juga dikenal sebagai bibliology (dari bahasa Yunani-λογία,-logia). Secara keseluruhan, bibliografi tidak peduli dengan isi buku-buku sastra, melainkan lebih kepada "bookness" buku.” (wiki : 2012)
Jadi menurut saya bibliografi adalah kegiatan teknis untuk membuat deskripsi suatu cantuman tertulis atau pustaka yang telah diterbitkan, yang disusun secara sistematik dan berupa daftar menurut aturan yang dikehendaki. 

2.     TATA CARA PENULISAN BIBLIOGRAFI  

1. Buku
“Penulisan daftar pustaka dalam pengambilan data dari buku, pertama; penulisan nama untuk awal menggunakan huruf besar terlebih dahulu setelah nama belakang ditulis beri (tanda koma), dimulai dari nama belakang lalu beri (tanda koma) dan dilanjutkan dengan nama depan, kedua; tahun pembuatan atau penerbitan buku, ketiga; judul bukunya ingat ditulis dengan mengunakan huruf miring setelah judul gunakan (tanda titik), keempat; tempat diterbitkannya setelah tempat penerbitan gunakan (tanda titik dua), dan kelima; penerbit buku tersebut diakhiri dengan (tanda titik).” (faisal : 2009)

Contoh:

“Peranginangin, Kasiman (2006). Aplikasi Web dengan PHP dan MySql. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.” (faisal : 2009)

“Soekirno, Harimurti ( 2005). Cara Mudah Menginstall Web Server Berbasis Windows Server 2003. Jakarta: Elex Media Komputindo.” (faisal : 2009)
2. Internet
“Penulisan daftar pustaka dalam pengambilan data dari internet, pertama; tulis nama, kedua; tulis (tahun buku atau tulisan dibuat dalam tanda kurung) setelah itu beri (tanda titik), ketiga; tulis judul buku/tulisannya lalu beri (tanda titik) lagi, keempat; tulis alamat websitenya gunakan kata (from) untuk awal judul web dll setelah itu beri tanda koma, kelima; tulis tanggal pengambilan data tersebut ok.” (faisal : 2009)

Contoh:

“Albarda (2004). Strategi Implementasi TI untuk Tata Kelola Organisasi (IT Governance). From http://rachdian.com/index2.php?option=com_docman&task=doc_view&gid=27&Itemid=30, 3 August 2008.” (faisal : 2009)
3.Skripsi
“Nama penulis ditulis paling depan, diikuti tahun yang tercantum pada sampul, judul skripsi, tesis atau disertasi ditulis dengan cetak miring diikuti dengan pernyataan skripsi, tesis, atau disertasi tidak diterbitkan, nama kota tempat perguruan tinggi, dan nama fakultas serta nama perguruan tinggi.” (daud : 2010)

Contoh:

“Pangaribuan, T., 1992. PerkembanganKompetensiKewacanaanPembelajarBahasa  Inggris di LPTK. Disertasitidakditerbitkan. Malang: Program Pascasarjana IKIP MALANG.” (daud : 2010)

“Darmawan, D. P., 2001. KetahananPanganRumahtanggaTanidalamKonteksPertanian Berkelanjutan: SuatuAnalisisProgramasi Linier di Pedesaan Bali, JawaTimur, dan Yogyakarta.Disertasitidakdipublikasikan. Yogyakarta: Program StudiEkonomiPertanian, UGM.” (daud : 2010)

“Nuarsa, I.  W., 1991. PrediksiErosidenganMetodePersamaanUmumKehilangan Tanah danPerencanaanKonservasi Tanah di DAS Betel Karangasem.SkripsiTidakDipublikasikan. Denpasar: UniversitasUdayana.” (daud : 2010

“Yauta, J. F., 1990. PerikananTradisional di Maluku danPerananKredit di dalam Pengembangannya. Disertasitidakdipublikasikan (unpublished disertation), Yogyakarta: GadjahMada University.” (daud : 2010)
  4. Makalah
“Nama penulis ditulis paling depan, dilanjutkan dengan tahun, judul makalah ditulis dengan cetak miring, kemudian diikuti pernyataan "Makalah disajikan dalam ...", nama pertemuan, lembaga penyelenggara, tempat penyelenggaraan, dan tanggal serta bulannya.” (daud : 2010)

Contoh:

“Huda, N., 1991. PenulisanLaporanPenelitianuntukJurnal. 
 Makalah disajikan dalam Lokakarya Penelitian Tingkat Dasar bagiDosen PTN dan PTS di Malang Angkatan  XIV, PusatPenelitian IKIP MALANG, Malang, 12 Juli.” (daud : 2010)

“Karim, Z., 1987. Tatakota di Negara-negaraBerkembang. Makalahdisajikandalam Seminar Tatakota, BAPPEDA JawaTimur, Surabaya, 1-2 September.” (daud : 2010)
  5. Majalah/Koran
“Jika majalah mejadi sumber acuan, kita harus memperhatikan unsur-unsur beserta urutannya yang oerlu disebutkan dalam daftar pustaka sebagai berikut :
1.   Nama pengarang
2.   Tahun Terbit
3.   Judul Artikel
4.   Judul majalah
5.   Bulan Terbit (kalau ada)
6.   Tahun terbitan yang keberapa (kalau ada)
7.   Tempat terbit
Contoh:

Nasution, Anwar. 1975. “Sistem Moneter Internasional”. Dalam Prisma, Desember, IV. Jakarta.” (alfiansyah : 2009)

3.     JENIS-JENIS BIBLIOGRAFI

Dari segi cara penyajian dan uraian deskripsinya, bibliografi terbagi menjadi 2 yaitu:
Bibliogrfi deskriptif
“Yaitu bibliografi yang dilengakapi deskripsi singkat yang didapat dari gambaran fisik yang tertera atau tertulis dalam bahan pustaka. Seperti judul buku atau majalah, judul artikel, nama pengarang, data terbitan (impresium), kolasi serta kata kunci dan abstrak yang tertulis.” (guspalena : 2012)
Bibliografi evaluatif
“Yaitu bibliografi yang dilengkapi dengan evaluasi tentang suatu bahan pustaka. Evaluasi ini biasanya mencakup penilaian terhadap isi suatu bahan pustaka atau artikel.” (guspalena : 2012)
Dari segi cakupanya, bibliografi dapat terbagi menjadi 5 yaitu:
Bibliografi retrospektif
“Yaitu jenis bibliografi yang mencatat bahan pustaka yang telah diterbitkan pada jaman yang lampau. Contohnya “Bibliografi sejarah perang Dipenogoro.” ( guspalena : 2012)
Bibliografi terkini/current
“Yaitu jenis bibliografi yang mencatat terbitan yang sedang atau masih terbit saat ini. Contohnya "Ulrich’s International Periodicals Directory.” ( guspalena : 2012)
Bibliografi selektif
“Yaitu jenis bibliografi yang mencatat terbitan tertentu dengan tujuan tertentu. Contohnya  “Buku bacaan terpilih untuk anak usia pra sekolah.” ( guspalena : 2012)
Bibliografi subjek
“Yaitu jenis bibliografi yang mencatat bahan pustaka atau artikel pada bidang ilmu dan subjek tertentu. Contohnya “Bibliografi khusus ternak kelinci.” (guspalena : 2012)
 Biliografi nasional
“Yaitu jenis bibliografi yang mencatat terbitan suatu negara atau daerah regional tertentu. Contohnya “Bibliografi Nasional Indonesia.” (guspalena : 2012)

4.     PENULISAN BIBLIOGRAFI 

A .Satu kata
“Cara penulisan nama pengarang yang terdiri dari satu kata ialah nama  pengarangnya bisa langsung ditulis pada daftar pustaka.”(Farichin : 2011)
B .Dua kata
“Cara penulisan nama pengarang yang terdiri dari dua kata ialah nama belakang dari pengarang di tulis terlebih dahulu(tanda koma) kemudian nama depan.”(Farichin : 2011)
C .Tiga kata
“Cara penulisan nma pengarang yang terdiri dari tiga kata ialah nama belakang pengarang ditulis terlebih dahulu kemudian nama depan dan yang terakhir nama tengah.”(farichin : 2011)

5.      PENULISAN NAMA YG TERDIRI DARI 1 KATA, 2 KATA, 3 KATA :

a. Satu pengarang
“Hassan Mohd Ghazali (2009),
Teks Kreatif Pendidikan Seni Visual tingkatan 4 dan 5,
Kuala Lumpur: kreatif Enterprise

Nama pengarang. (Tahun penerbitan). Judul. Tempat penerbitan:Penerbit.”(Ghazali : 2012)

b. Dua pengarang
“Luca,M. & Kent,R. (1968).
Art Education: Strategies of Teaching 
 NewJersey: Prentice Hall.

Nama pengarang pertama & nama pengarang kedua. (Tahunpenerbitan).Judul. Tempat penerbitan: Penerbit.” (Ghazali : 2012)

c. Tiga hingga lima pengarang
“Cameron, D., Frazer, E., Harvey, P., Hampton, M.B.H., & Richardson,K. (1992). Researching language: Issues of power and method. London: Routledge.

Nama pengarang pertama, pengarang kedua, pengarang ketiga,pengarang keempat, & pengarang kelima. (Tahun penerbitan). Judul. Tempat penerbitan: Penerbit.” (Ghazali : 2012)

 d. Enam pengarang dan ke atas
“Rebecca T., et al (2007) Creativity and the Arts with Yong Children  Canada: Thomson.

Nama pengarang pertama, et al. (Tahun penerbitan). Judul.  Tempat penerbitan:  Penerbit.” (Ghazali : 2012)

6.      CONTOH BIBLIOGRAFI

“Welty, E. (1994). A writer’s eye: Collected book reviews (P.A.McHaney, Ed.). Jackson: University Press of Mississippi.” (Ghazali : 2012)

“Letheridge, S., & Cannon, C.R. (Eds.). (1980). Bilingual education: Teaching English as a second language. New York: Praeger.” (Ghazali : 2012)

“Roy, A. (1995). Psychiatric emergencies. In H.I. Kaplan & B.J. Sadock(Eds.). Comprehensive textbook of psychiatry. (6th ed., pp. 1739-1752). Baltimore: Williams & Wilkins.” (Ghazali : 2012)



DAFTAR PUSTAKA





Farich, Farichin. 2011. Menulis daftar pustaka, http://farichinfarich.blogspot.com/2011/05/menulis-daftar-pustaka.html. 2011





Tidak ada komentar:

Posting Komentar