Kamis, 04 Oktober 2012

MUHAMMAD AKBAR, 105213066

1.Pengertian Bibliografi 
Kata bibliografi berasal dari bahasa Yunani dengan akar kata Biblion: yang berarti buku dan Graphein: yang berarti menulis, maka kata Bibliografi secara harfiah berarti penulisan buku.Dalam hal ini maka bibliografi berarti kegiatan teknis membuat deskripsi untuk suatu cantuman tertulis atau pustaka yang telah diterbitkan, yang tersusun secara sistematik berupa daftar menurut aturan yang dikehendaki (Andi.2007 : 27).
Dengan demikian tujuan bibliofrafi adalah untuk mengetahui adanya suatu buku/pustaka atau sejumlah buku/pustaka yang pernah diterbitkan.

2.Cara penulisan yang diambil dari : 
a.Buku
 “Penulisan daftar pustaka dalam pengambilan data dari buku, pertama; penulisan nama untuk awal menggunakan huruf besar terlebih dahulu setelah nama belakang ditulis beri (tanda koma), dimulai dari nama belakang lalu beri (tanda koma) dan dilanjutkan dengan nama depan, kedua; tahun pembuatan atau penerbitan buku, ketiga; judul bukunya ingat ditulis dengan mengunakan huruf miring setelah judul gunakan (tanda titik), keempat; tempat diterbitkannya setelah tempat penerbitan gunakan (tanda titik dua), dan kelima; penerbit buku tersebut diakhiri dengan (tanda titik)”. (Kasiman.2006)

 b.Internet
 Untuk penulisan bibliografi yang berasal dari internet:
• Nama Pengarang
• Tanggal revisi terakhhir
• Judul artikel
• Media yang memuat
• URL yang terdiri dari protocol/situs/path/file
• Tanggal akses (Hasan.2002)

Penulisan yang diambil dari internet (artikel) terkadang tdk memiliki judul atau nama,namun kita harus menganalisis penulisannya pula: - Artikel umum dari internet dengan nama Penulis, tahun, judul artikel, [jenis media], alamat website (diakses tanggal …). Judul artikel harus ditulis miring Artikel umum dari internet tanpa nama Anonim, tahun, judul artikel, [jenis media], alamat website (diakses tanggal …). “Anonim” dapat diganti dengan “_____”. Judul artikel harus ditulis miring (Warsito.2004)

c.Skripsi “Dalam penulisan untuk skripsi,kita dapat klasifikasikan sebagai berikut:
1. Penulis
2. Tahun
3. Judul skripsi (“diberi tanda petik dua”)
4. Nama fakultas,Universitas
5. Kota”(Warsito.2004)

d.Makalah “Penulisan bibliografi yang diambil dari makalah terdiri dari:

1.Penulis makalah
2.Tahun
3.Judul makalah (diberi tanda petik dua)
4.Nama institusi
5.Kota”(Warsito.2004)

 e.Majalah/Koran
  • Nama pengarang ditulis tanpa gelar, jika nama terdiri dari dua kata atau lebih maka cara penulisannya adalah nama akhir diikuti dengan singkatan nama depan, tengah dan seterusnya, yang semuanya diberi titik. Misalnya: Sutan Takdir Alisyahbana ditulis Alisyahbana S.T. Donald Fitzgerald Othmer ditulis Othmer D.F.
  •  Tahun penerbitan 
  • Judul makalah dicetak tegak dan huruf besar/kapital hanya pada huruf pertama judul makalah (setelah itu huruf kecil semua) 
  • Nama jurnal / majalah disingkat sesuai dengan singkatan baku dalam Index Medicus atau MeSH (Medical Subject Heading) dan dicetak miring. 
  • Volume dan halaman.(Farichin.2011) Contoh : Baldwin K.M., Winder W.W., Terjung R.L. 1973. Glycolytic enzyme in different types of skeletal muscle: adaptation to exercise. Am J Physiol. 255:962-6. 
3.Jenis-jenis bibliografi : 
      Jenis-Jenis Bibliografi “Jenis bibliografi yang dihasilkan dalam pembuatan publikasi sekunder akan tergantung pada jenis pustaka yang akan didaftar. Misalnya akan dibuat daftar yang berasal dari deskripsi katalog buku yang dimiliki perpustakaan, maka daftar tersebut dapat dinamakan daftar katalog. Sementara jika daftar yang disusun berdasarkan judul artikel suatu majalah, maka daftar tersebut dapat disebut daftar isi”(Farichin.2011)
     Dari segi cara penyajian dan uraian deskripsinya, bibliografi dibagi menjadi:
  •  Bibliogrfi deskriptif: Yaitu bibliografi yang dilengakapi deskripsi singkat yang didapat dari gambaran fisik yang tertera atau tertulis dalam bahan pustaka. Seperti judul buku atau majalah, judul artikel, nama pengarang, data terbitan (impresium), kolasi serta kata kunci dan abstrak yang tertulis.
  •  Bibliografi evaluatif: Yaitu bibliografi yang dilengkapi dengan evaluasi tentang suatu bahan pustaka. Evaluasi ini biasanya mencakup penilaian terhadap isi suatu bahan pustaka atau artikel. 
4.Penulisan bab jika penulisnya:

a. 2 orang : “Penulisan bibliografi jika dua orang penulis. Pertama tulis nama belakang dari penulis yang pertama setelah nama belakang beri (tanda koma) lalu tulis nama depan jika nama depan berupa singkatan tulis saja singkatan itu setelah nama pertama selesai beri (tanda titik) lalu beri (tanda koma) untuk nama kedua ditulis sama seperti nama sali alis tidak ada perubahan, yang berubah penulisannya hanya orang pertama sedangkan orang kedua dan tetap”(Ummul.2006)

b. “Apabila penulisan bibliografi dilakukan lebih dari tiga penulis gunakan tanda dan (&) pada nama terakhir begitupula jika penulisnya hanya dua orang saja, setelah penulisan nama selesai, Kedua; tahun pembuatan atau cetakan buku tersebut dengan diawali [tanda kurung buka dan kurung tutup/ ( )] setelah itu beri (tanda titik). Ketiga; judul buku atau karangan setelah itu beri (tanda koma) dan ditulis dengan huruf miring ok. keempat; yaitu penulisan tempat penerbitan/cetakan setelah itu beri (tanda titik dua : ) dan terakhir kelima; nama perusahaan penerbit buku atau tulisan tersebut dan diakhiri (tanda titik) ok. Untuk gelar akademik tidak ditulis dalam penulisan daftar pustaka dan biasanya penulis lebih dari tiga orang ditulis singkatan et. al. (dan kawan kawan/dkk)”(Ummul.2006)

5.Penulisan nama apabila terdiri dari:

a. 1 kata : Apabila penulisan nama hanya terdiri dari satu kata,maka penulisannya seperti biasa (1 rangkap) yakni nama penulis,tahun terbit,judul buku yang ditulis (cetakan miring).kota terbit:nama penerbit.

b. 2 kata : Apabila nama penulis terdiri dari dua atau lebih bagian nama, bagian nama paling belakang dipindah ke bagian depan kemudian diikuti tanda koma.

Contoh: Dewi Lestari ditulis menjadi Lestari, Dewi Ali Akbar Navis ditulis menjadi Navis, Ali Akbar

c. 3 kata : Apabila pengarang terdiri tiga bagian nama (kata), penulisannya yaitu nagian nama yang terakhir yang terlebih dahulu ditulis (,),kemudian nama bagian pertama dan keduanya. Contoh: Ali Akbar Navis ditulis menjadi Navis, Ali Akbar(Ahira Anne.2012)


6.Contoh bibliografi:

 Andi.2007:27.Tata Cara Penulisan Bibliografi,Pulo Gadung Jakarta.Tiga serangkai.

 Kasiman,2006.Cara Menulis Daftar Pustaka, http://chivaz.net/2012/08/cara-menulis-daftar-pustaka-data-diambil-dari-buku.html diakses tanggal 1 Oktober 2012.

Sophia,2002.Cara Penulisan Bibliografi, http://www.scribd.com/doc/25537888/Cara-penulisan-bibliografi diakses tanggal 1 Oktober 2012.

Warsito,2004.Contoh Daftar Pustaka, http://topblogs-tutorial.blogspot.com/2012/01/contoh-daftar-pustaka.html diakses tanggal 1 Oktober 2012.

Farichin,2011.Menulis Daftar Pustaka, http://farichinfarich.blogspot.com/2011/05/menulis-daftar-pustaka.html diakses tanggal 1 Oktober 2012.

Ummul,2006.Contoh Daftar Pustaka Lengkap, http://www.englishindo.com/2012/03/contoh-daftar-pustaka-lengkap.html diakses tanggal 1 Oktober 2012.

Ahira Anne,2012.Penulisan Daftar Pustaka, http://www.anneahira.com/contoh-penulisan-daftar-pustaka.htm diakses tanggal 3 Oktober 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar