Kamis, 04 Oktober 2012

HERI UTOMO (1252132068)


1.       Pengertian bibliografi.
Kata bibliografi berasal dari bahasa yunani dengan akar kata Biblion yang berarti buku dan Graphien yang berarti menulis, maka kata bibliorafi secara harfiah berarti penulisan buku. Dalam hal ini maka bibliografi berarti kegiatan teknis membuat deskripsi untuk suatu cantuman tertulis atau pustaka yang telah di terbitkan, yang di susun secara sistematis berupa daftar memuat aturan yang di kehendaki. (BATOSAI,2008).

2.       Tata cara penulisan bibliografi
a. Buku dan Buku Terjemahan
Buku
Penulis. Tahun terbit. Judul buku (ditulis miring). Volume (jika ada). Edisi atau cetakan (jika ada). Kota terbit: Nama penerbit.
Misalnya:
Nurhadi. 1991. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: CV Sinar Baru.
Buku Terjemahan
Penulis asli. Tahun terbit buku terjemahan. Judul buku terjemahan (miring). Volume (jika ada). Edisi (jika ada). Diterjemahkan oleh: nama penerjemah. Kota terbit terjemahan: Nama penerbit terjemahan.
Misalnya:
Cushing, B.E. 1991. Sistem Informasi Akuntansi dan Organisasi Perusahaan. Edisi ke 3. Diterjemahkan oleh: Kosasih. Jakarta: R.Erlangga.
Artikel dalam Buku
Penulis artikel. Tahun. Judul artikel (miring). Nama editor. Judul buku (miring). Volume (jika ada). Edisi (jika ada). Kota terbit: Nama penerbit.
Misalnya:
Hedley, C. 1971. Reading and Language Difficultiesm. Wilson, J.A.R. Diagnosis of Learning Difficultiesm. Pp135-156. New York: McGraw-Hill.(Ahira, 2011)

b. Internet.
Aturan penulisan referensi dari sumber di internet sebenarnya sama saja dengan sumber informasi cetak, baik buku maupun surat kabar, majalah dan sejenisnya. Akan tetapi, tempat terbit, nama, dan tanggal terbitan yang ditulis berbeda. Artinya unsur – unsur itu mengikuti tata cara penulisan di internet. Unsur – unsur yang dicantumkan dalam penulisan daftar pustaka dengan sumber informasi di internet adalah:
1.       Nama penulis yang diawali dengan penulisan nama keluarga
2.       Judul tulisan diletakkan diantara tanda kutip
3.       Jika karya tulis keseluruhan (jika ada) dengan huruf miring
4.       Data publikasi berisi protocol dan alamat, path, tanggal pesan, atau waktu akses dilakukan.
Contoh penulisan daftar pustaka dari internet.
Dari WWW
Hasibuan, Rusli. “Menanam Jengkol di Bukit Kapur.” http://www.duniatani.or.id/riset/rusli/palawija_jengkol.html (diakses tanggal 12 Juni 2003)
Dari file transfer protocol (kutipan yang diunduh melalui FTP)
Johnson-Eilola, Jordan. “Little Machine: rearticulating Hypertext Users.” FTP deadalis.com/pug cccc95/Johnson-eilola (diakses tanggal 10 Februari 1996)
Dari surat elektronik (Ratron / email)
Rahman, Afif. “Proposal Buku Sekolah Murah Meriah.” afif-r23@dodols.com (diakses tanggal 22 September 2009) (Yunus, 2010)
c. Skripsi
Penulis. Tahun. Judul skripsi (diberi tanda petik dua). Nama fakultas atau program pascasarjana. Universitas. Kota.
Misalnya:
Wahyudi, Johan. 2009. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyunting Karangan dengan Penerapan Metode Inkuiri”. Program Pascasarjana. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
(Ahira, 2011)

d. makalah.
Informasi yang dibutuhkan makalah adalah
1.       Nama penulis
2.       Tahun
3.       Judul
4.       Keterangan
Contoh:
Joni, R. T 2008. Pendidikan kedamaian: Memelihara Keragaman Budaya di Tengah-Tengah Keragaman Budaya. Makalah
e. Koran
Untuk rujukan berupa artikel yang dimuat koran, cara penulisan daftar pustakanya adalah dengan mencantumkan nama penulis, tanggal, judul, nama koran/majalah, halaman pemuatan.
Misalnya:
Pitunov, B. 13 Desember, 2002. Sekolah Unggulan ataukah Sekolah Pengunggulan? Majapahit Pos, hlm. 4 & 11.
H. Romli, U.H.M. 27 Agustus, 2011. Saat Paling Tepat Berbuat Baik. Pikiran Rakyat, hlm 1 & 7.
Untuk berita koran yang tidak mencantumkan nama pengarang, cara penulisan daftar pustakanya adalah dengan diawali nama koran, tanggal terbit, judul berita, dan halaman pemuatan.
Misalnya:
Republika. 12 April, 2010. Cina Menguat di IMF, hlm. 3.
Pikiran Rakyat. !6 Oktober, 2011. Kecil-kecil Jadi Juara Inaicta 2011. hlm. 1 & 13.
(Ahira, 2011)

3.       Jenis – Jenis Bebliografi.
“Jenis-Jenis Bibliografi Jenis bibliografi yang dihasilkan tergantung pada jenis pustaka yang akan didaftar. Misalnya akan dibuat daftar yang berasal dari deskripsi katalog buku yang dimiliki perpustakaan, maka daftar tersebut dapat dinamakan daftar katalog. Sementara jika daftar yang disusun berdasarkan judul artikel suatu majalah, maka daftar tersebut dapat disebut daftar isi. Dari segi cara penyajian dan uraian deskripsinya, bibliografi dibagi menjadi:
1.        Bibliogrfi deskriptif: Yaitu bibliografi yang dilengakapi deskripsi singkat yang didapat dari gambaran fisik yang tertera atau tertulis dalam bahan pustaka. Seperti judul buku atau majalah, judul artikel, nama pengarang, data terbitan (impresium), kolasi serta kata kunci dan abstrak yang tertulis.
2.        Bibliografi evaluatif: Yaitu bibliografi yang dilengkapi dengan evaluasi tentang suatu bahan pustaka. Evaluasi ini biasanya mencakup penilaian terhadap isi suatu bahan pustaka atau artikel.”(Wikipedia, 2012)
4. Penulisan bebliografi jika penulisannya.
Penulis Dua Orang
Jika ada 2 penulis, yang dibalik hanya nama 1 penulis saja. Misalnya: Saryono, Djoko dan Wahyudi Siswanto
 Penulis Lebih Dari Dua Orang
Nama penulis ditulis 1 saja dan diikuti dkk. Misalnya ada 3 penulis yaitu Kisyani Laksono, Bambang Yulianto, dan Titik Harsiati, maka ditulis: Laksono, Kisyani dkk.
(Ahira, 2011)

5. penulisan bebliografi apabila nama terdiri dari:
a. satu kata
    maka nama pengarangnya tetap, tidak di ubah-ubah.
b. Dua kata
Jika nama penulis terdiri atas dua kata ditulis dengan cara dibalik (nama keluarga di depan). Nama utama diikuti tanda koma (,) dan singkatan nama lain diakhiri dengan tanda titik (.). Misalnya: Muhammad Habibie ditulis menjadi Habibie, Muhammad. atau Habibie, M.
(Ahira, 2011)
c.tiga kata
maka nama paling belakangnya di letakkan saja di depan contoh : Ayu Putri Gani menjadi Gani, Ayu Putri.
Rumusnya :
1 -> Tetap
2 -> 2,1
3 -> 3,1,2
 ( SUMBER : KAKAK DIAN ARITAMI, Tentor Gajah Mada, 16/05/2012 )

6. contoh bebliografi
Secara Umum
Utomo, Heri. 2012. Tugas Bibliograpgy. Makassar: Reflia Aditama.
( SUMBER : http://meugah.com/pendidikan/bibliografi.htm Oleh Meugah, No Date )

A. Kesimpulan
Bibliografi merupakan kegiatan teknis membuat deskripsi untuk suatu cantuman tertulis atau pustaka yang telah di terbitkan, yang di susun secara sistematis beupa daftar memuat aturan yang di kehendaki. Dengan bibliografi ini seseorang mengetahui adanya suatu buku/pustaka atau sejumlah buku/pustaka yang pernah di terbitkan
Sedangkan katalog adalah daftar yang berisi informasi tentang bahan pustaka atau dokumen yang terdapat pada perpustakaan, toko buku maupun penerbit tertentu. Katalog ini di gunakan untuk penelusuran informasi yang di cari oleh pengguna perpustakaan.

B. Kritik dan Saran
Dalam penulisan makalah ini penulis menyadari masih terdapatnya kekurangan baik dari segi referensi maupun dalam sistim penulisannya di karenakan keterbatasan ilmu dan pengalaman yang penulis miliki. Oleh karena itu penulis mengarapkan kritik dan saran dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini


DAFTAR PUSTAKA

Www.bhs indonesia..com/pengertian bibliografi.htm (diakses tanggal 7 oktober 2012)
Www.anascava.com » cara penulisan daftar pustaka (dari internet, buku, artikel, jurnal, koran).htm (diakses tanggal 7 oktober 2012)
Www.anneahira.com/cara menulis daftar pustaka dari berbagai sumber.htm (diakses tanggal 7 oktober 2012)

www.detik.com/macam macam biografi.html

 www.vivanews.com/memahami bebliografi.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar