Kamis, 04 Oktober 2012

NUR RAHMI (1252132065)







NAMA :NUR RAHMI


NIM : 1252132065





1.      Pengertian Bibliografi.


2.      Tata cara penulisan bibliografi yang di ambil dari :


a)      Buku


b)      Internet


c)      Skripisi


d)     Makalah


e)      Majalah / Koran


3.      Jenis – jenis bibliografi.


4.      Bagaimana penulisan bibliografi jika penullisannya :


a)      2 orang


b)      Lebih dari 3 orang


5.    Bagaimana penulisan nama jika terdiri dari :


a)    1 kata


b)    2 kata


c)    3 kata


6.    Berikan contoh bibliografi !


                                    















1.      Pengertian bibliografi


Bibliogrfi adalah sebuah acuan yang penting dari sebuah sumber atau daftar buku untuk penulisan ilmiah yang di gunakan sebagai sumber penulisan yang berisi kutipan dari sumber tersebut yang di jadikan teori di penulisan ilmiah itu sendiri . biasanya berisi judul buku – buku dan bahasa lainnya. (Admid .2012)





2.      Penulisan bibliografi yangdi ambil dari :


a)      Buku





1.          Nama pengarang





“Penulisan nama untuk awal menggunakan huruf besar terlebih dahulu setelah nama belakang ditulis beri ( tanda koma), di mulai dari nama belakang lalu beri (tanda koma) dan dilanjiutkan dengan nama depan.”(Albila. 2012)


Contoh :


“Masri Singarimbun menjadi Singarimbun , Masri” (Sentra.2009)





2.          Tahun terbit


“Tahun terbit ditulis setelah nama pengarang, cantumkan tahun terbit dengan di bubuhkan tanda titik. Jika tahunnya berbeda, penyusunan daftar pustaka dilakukan dengan urutan berdasarkan yang paling lama ke yang paling baru. Jika diterbitkan pada tahun yang sama, penempatan urutannya berdasarkan pola abjad judul buku. Criteria pembedaannya adalah tahun terbit dibubuhkan huruf, misalnya a. b. c tanpa jarak.” (Sentra.2009)


3.          Judul buku


“Judul buku ditempatkan sesudah tahun terbit dengan dicetak miring atau di beri garis bawah. Judul di tulis dengan huruf kapital pada awal kata yang bukan kata tugas.” (Sentra.2009)


4.          Tempat terbit


Tempat terbit sumber acuan, baik buku maupun tebitan lainnya ditempatkan setelah judul buku. Sesudah tempat terbit


Tuliskan, di bubuhkan tanda (titik dua). (Sentra.2009)


5.         Nama penerbit


Setelah tempat penerbit, maka di lanjutkan penulisan nama penerbit buku tersebut dan diakhiri dengan (tanda titik). (sentra.2009)


      


b)      Internet





Tulis nama(tanda titik),kemudian tulis (tahun buku atau tulisan dibuat dalam tanda kurung) setelah itu beri (tanda titik )kemudian tulis  judul buku / tulisannya lalu beri (tanda titik) lagi, tulis alamat websitnya gunakan kata (from) untuk awal judul web dll. .Setelah itu, beri tanda koma dan terakhir tulis tanggal pengambilan data tersebut. (Rahardian.2008)





c)      Skripisi


Nama pengarang di bubuhkan tanda titik.tahun terbit.judul buku.edisi:penerbit.(Admid.2012)





d)     Makalah


Tulis nama menggunakan huruf besar terlebih dahulu setelah nama belakang di tulis beri (tanda koma) dan di lanjutkan dengan nama depan (tanda titik), kemudian  tahun penerbitan buku tersebut di tulis dalam( tanda kurung), tulis judul buku yang menjadi sumber materi yang diambil (cetak miring dan di akhiri tanda titik), nomor buku (tanda koma),dan di lanjutkan dengan penulisan tempat terbit (tanda titik dua ) dan terakhir nama penerbit yang di akhiri dengan (tanda titik). (Anneahira.2011)





e)     Majalah / Koran





  Jika majalah menjadi sumber acuan,kita harus memperhatian unsur – unsur beserta urutannya yang perlu di sebutkan dalam daftar pustaka yaitu : nama pengarang (tanda koma), tahun terbit(tanda titik), judul majalah(tanda titik),bulan terbit kalau ada (tanda koma),tanggal terbitan kalau ada (tanda koma) dan tempat terbit(tanda titik). (Sentra.2009)


Jika surat kabar menjadi sumber acuan, kita harus memperhatikan unsur – unsur beserta urutannya yang perlu disebutkan dalam daftar pustaka yaitu: nama pengarang (tanda titik),tahun terbit (tanda koma), judul artikel/ surat kabar (tanda titik),tanggal terbit (tanda titik) dan tempat terbit. (Sentra.2009)


3.      Jenis – jenis bibliografi:


a.       Jenis bibliografi dari segi cara penyajian  beserta uraian deskripsinya


1.      Bibliografi Evaluatif adalah bahan pustaka yang berisi penilaian terhadap suatu bahan pustaka atau artikel.(Ajick.2012)


2.      Bibliogrfi deskriptif adalah bibliografi  yang berisi deskripsi singkat yang didapat dari gambaran fisik dalam bahan pustaka, seperti judul buku atau majalah, judul ar tikel, nama pengarang, data terbitan, kolasi serta kata kunci dan abstrak yang tertulis.(Ajick.2012)


b.      Jenis Bibliografi dari segi cakupannya


1.      Bibliografi retrospektif adalah bibliografi yang berisi catatan bahan pustaka yang telah diterbitkan pada masa lampau (ajick.2012)


2.      Bibliografi terkini adalah bibliografi yang berisi catatan bahan pustakayang masih saat ini atau masih baru.(Ajick.2012)


3.      Bibliografi selektif adalah bibliografi yang berisi catatan terbitan tertentu dan tujuan tertentu. (Ajick.2012)


4.      Bibliografi subjek adalah bibliogrfi yang berisi catatan bahan pustaka atau artikel pada bidang ilmu dan subjek tertentu.(Ajick.2012)


5.      Bibliografi nasional adlah bibliografi yang berisi catatan terbitan suatu Negara atau daerah regional tertentu.(Ajick.2012)








4.      Penulisan bibliografi jika penulisannya :


a)   2 orang


“Jika pengarang terdiri dari dua orang, nama pengarang pertama dibalik,sedangkan nama orang kedua tetap. Di antara kedua nama pengarang itu digunakan kata penghubung  kata dan.” (Sentra.2009)


b)   Lebih dari 3 orang


“jika pengarang terdiri dari lebih 3 orang,nama belakang yang di tulis terlebih dahulu kemudian nama depan dan nama tengah yang paling terahir dan perantara tiap nama adalah tanda koma.”(Farichin.2011)


5.      Penulisan nama jika terdir dari :


a)   1 kata


“Jika nama penulis terdiri dari hanya 1 kata maka penulisannya langsung di tulis pada daftar pustaka dan di akhiri dengan tanda titik.” (Hendrayana,A.2009)


b)   2 kata


“Jika nama penulis terdiri dari 2 kata maka penulisan nama di balik dan di pisahkan dengan tanda koma dan di akhiri dengan tanda titik”. (Hendrayana.2009)


c)   3 kata


“jika nama penulis terdiri dari tiga orang maka penulisannya adalah nama pengarang pertama yang dibalik dan di ikuti dengan ‘dkk’.” (Sentra.2009)





6.      Berikan contoh bibliografi


a)   Menurut buku


Contoh :


“Soekimo, Harimurti (2005). Cara Mudah Menginstal Web Server Berbasis Windows Server 2003. Jakarta: Elex Media Komputindo.” (Rachdian.2008)





b)   Menurut skiripsi


“Hendrayana, A. (2008). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis  dan  Keratif Siswa SMP dalam Matematika. Tesis SPs UPI Bandung: Tidak terbitkan.” (Hendrayana, A.2009)





c)   Menurut makalah


Contoh:


“Hendrayana,A. (2006). Multimedia Untuk Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Matematika. Makalah dalam Seminar Internasional Intiative Forum: Jakarta.” (Hendrayana,A.2009)





d)  Menurut majalah


Contoh :


“Setiabudi,A.N.1985.”Kisah penulisa Sebagai Pahlawan”Insert Media,12 (Desember IV). Jakarta” (Albila.2010)





e)   Menurut Koran


Contoh:


“Setiabudi,A.n.1985.”Kisah Penulisa Sebagai Pahlawan” Poskota,2 November1998. Jakarta.” (Albila.2010)















DAFTAR PUSTAKA

























Tidak ada komentar:

Posting Komentar