Rabu, 03 Oktober 2012

AHMAD MUKHLISIN ( 1252132069 )


  • 1.    Setelah saya membaca dari beberapa artikel tentang Bibliography saya menyimpulkan bahwa bibliography itu sama saja dengan daftar pustaka,sumber referensi, dan daftar rujukan. Dimana daftar ini berisikan buku, artikel, dan bahan terbitan lain yang di jadikan sebagai sumber keterangan lanjutan mengenai suatu hal ( rujukan ) dalam tulisan.
    ( Sumber : http://www.scribd.com Oleh Ari Kusmiatun 04/17/2012 )

    2.     Tata cara penulisan Bibliography :

    A.    Sumber dari buku, Saya pernah diberi rumus oleh TENTOR saya katanya ingat saja 4X1 PETA JKT apa itu 4 titik, 1 tanda :, sudah itu PE sama saja Penulis, TA itu Tahun, J itu Judul, K itu, Kota, dan T dari kata PENERBIT.
    Contohnya supaya agak jelas :
    Arifin, E. Zainal.1999. Teknik Penulisan karangan Ilmiah. Jakarta :
    Gramedia.
    Ket : di sini judul buku di cetak miring karena ini merupakan suatu syarat dalam penulisan Daftar Pustaka ( Bibliography ) dan contoh diatas ini ketika hanya satu penulisanya.
    ( SUMBER : Kakak Dian Aritami, Tentor Gajah Mada, 16/05/2012 )
    B.     Sumber dari Internet, dimana judul tulisannya diletakkan diantara tanda kutip, Jika karya tulis keseluruhan (jika ada) dengan huruf miring, dan Data publikasi berisi protocol dan alamat, tanggal pesan, atau waktu akses dilakukan.
    Keterangan : Penulisan tanggal maupun tahunnya harus menggunakan tutup kurung di akhir nama dan dibubukan tanda titik (.)
    Contohnya :
    Hasibuan, Rusli. “Menanam Jengkol di Bukit Kapur.” http://www.duniatani.or.id/riset/rusli/palawija_jengkol.html (diakses tanggal 12 Juni 2003).
    ( SUMBER : Penayunus.wordpress.com, Oleh Ahmad Yunus, 17 February 2012 ).
    C.     Sumber dari Skripsi,  Tata cara penulisan Bibliography di ambil dari sumber Skripsi sama halnya penulisannya dengan sumber dari buku,
    Yaitu : nama pengarang di balik, sudah itu tahun, Judul tulisan diletakkan diantara tanda kutip, setelah itu Judul keseluruhan dalam format ITALIC SKRIPSI S1 misalnya, bedanya Kota dan penerbit diganti dengan jurusan dan nama universitas tersebut. Contoh supaya agak jelas :
    Wartomo,Adi.2002. “ Analisis Poligami dalam Novel-novel Indonesia”. Skripsi S1. Jurusan Pend. Bahasa dan sastra Indonesia,FBS,UNM.
    D.    Sumber dari Makalah, di lihat secara umum tata cara penulisan bibliograpgy sama juga halnya dengan sumber dari buku maupun skripsi yaitu :
    Penulisan nama pengarang di balik, setelah itu tahun penerbit, judul dalam format ITALIC , perbedaanya terletak Kota dan tanggal sebagai pengganti Penerbit.  Dimana penulisan tanggal di tandai tanda ( - ).
    Contoh : Waseso, M.G. 2001. Isi dan Format Jurnal Ilmiah . Makalah disajikan dalam Seminar Lokakarya Penulisan Artikel dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah, Universitas Lambungmangkurat, Banjarmasin , 9-11 Agustus.
    ( SUMBER : http://contohskripsi-makalah.blogspot.com/ Oleh Kris, 3 September 2012.     
    E.     Sumber dari Majalah atau Koran,
    Sedikit berbeda tata cara penulisan bibliography dari sumber Majalah atau Koran di mana setelah nama pengarang biasanya tahun tetapi tanggal penerbit di dahulukan kemudian kota dan penerbit diganti dengan PAGE/HALAMAN biasa di singkat hlm.
    Contohnya : Pitunov, B. 13 Desember, 2002. Sekolah Unggulan ataukah Sekolah Pengunggulan? Majapahit Pos , hlm. 4 & 11.
    ( SUMBER : http://blog.rosihanari.net Oleh Rosihan Ari, 16 February 2009 ).

    3.     Jenis- jenis Bibliography ( Daftar Pustaka ) di lihat dari segi penyajiannya dan cakupannya.
    Dari segi penyajiannya terbagi atas 2 yaitu Bibliography Deskriptif dan Evaluatif,
    Menurut saya Bibliography Deskriptif di lihat dari katanya saja kita sudah dapat menyimpullkan bahwa deskriptif itu gambaran, jadi bibliografi yang dilengakapi deskripsi singkat yang didapat dari gambaran fisik yang tertera atau tertulis dalam bahan pustaka.
    Sedangkan Bibliography Evaluatif, kita juga bisa menyimpulkan yaitu Daftar pustaka yang evaluasi apa itu evaluasi ? mencakup penilaian terhadap isi suatu bahan pustaka atau artikel.
    Dari segi cakupannya terbagi atas 5 yaitu Bibliography retrospektif, terkini, selektif, subjek, dan nasional.
    ( SUMBER : http://kolom-biografi.blogspot.com/ Oleh Wink Yagami, No Date ).
    4.     Penulisan Bibliography jika penulisannya 2 orang atau Lebih dari 3 orang
    a.     Penulisan daftar pustaka ( Bibliography ) dua orang penulis dalam buku yang sama. Pertama tulis nama belakang dari penulis yang pertama setelah nama belakang beri (tanda koma) lalu tulis nama depan jika nama depan berupa singkatan tulis saja singkatan itu setelah nama pertama selesai beri (tanda titik) lalu beri (tanda koma) untuk nama kedua / ketiga ditulis sama seperti nama sali alis tidak ada perubahan, yang berubah penulisannya hanya orang pertama sedangkan orang kedua dan ketiga tetap. Setelah penulisan nama kedua selesai, nah jika tiga penulis gunakan tanda dan (&) pada nama terakhir. Contoh : Suteja, B.R., Sarapung, J.A, & Handaya, W.B.T. (2008). Memasuki Dunia E-Learning, Bandung: Penerbit Informatika.
    b.     Penulisan daftar pustaka jika lebih dari 3 orang, maka yang ditulis hanya nama terakhir dari penulis pertama dan diikuti dengan singkatan dkk         ( dan kawan-kawan ).
      ( SUMBER : http://fikom.tarumanagara.ac.id dan http://faisal14.wordpress.com, Oleh  Fikom UNTAR, 4 Oktober 2010 dan Rahman Faisal, No Date ).


    5.     Penulisan nama bibliography ( daftar pustaka ), apabila terdiri :

    a.     1 KATA, maka nama pengarangnya tetap, tidak di ubah-ubah.
    b.     2 KATA, maka nama terakhirnya saja yang di balik baru beri tanda koma ingat penulisan nama di awali huruf kapital hanya di depan saja, contoh Ahmad Mukhlisin menjadi Mukhlisin, Ahmad.
    c.      3 KATA, maka nama paling belakangnya di letakkan saja di depan contoh : Ayu Putri Gani menjadi Gani, Ayu Putri.
    Rumusnya :
    1 -> Tetap
    2 -> 2,1
    3 -> 3,1,2
                 ( SUMBER : KAKAK DIAN ARITAMI, Tentor Gajah Mada, 16/05/2012 )
    6.     Contoh Bibliography :
    Secara Umum saja.
    Mukhlisin, Ahmad. 2012. Tugas Bibliograpgy. Makassar: Reflia Aditama.
    ( SUMBER : http://meugah.com/pendidikan/bibliografi.htm Oleh Meugah, No Date )





    DAFTAR PUSTAKA

    Ari, Rosihan. “ Tata Cara Penulisan Bibliography di Koran.” http://blog.rosihanari.net ( diakses 16 february 2009 ).
    Aritami, Dian. 2012. Mengenai Daftar Pustaka. Makassar : PT Gajahmada Indonesia
    Kris. “ Makalah Bibliograpgy.” http://contohskripsi-makalah.blogspot.com/            ( diakses 3 september 2012 ).
    Kusmiatun, Ari.”Tata Cara Penulisan Bibliography.” http://www.scribd.com/doc/89842169/Tata-Cara-Penulisan-Bibliografi ( diakses tanggal 27 april 2012 ).
    Meugah. “ Pendidikan Bibliography.” http://meugah.com/pendidikan/bibliografi.htm ( No Date ).
    Untar, Fikom. “ Makalah Bibliography.” http://fikom.tarumanagara.ac.id/component/content/article/94-panduan-skripsi.html?start=4 ( diakses 4 oktober 2010 ).
    Yagami, Wink. “ Kolom Bibliograpgy.” http://kolom-biografi.blogspot.com/        
     ( No Date ).
    Yunus, Ahmad. “ Cara Penulisan Daftar Pustaka.” http://penayunus.wordpress.com/2010/02/17/cara-penulisan-daftar-pustaka-dari-internet/ ( diakses 17 februari 2012 ).



                        






























Tidak ada komentar:

Posting Komentar