Kamis, 04 Oktober 2012

EKA PERTIWI


1.Pengertian Bibliografi
            Bibliografi atau yang lebih dikenal dengan daftar pustaka merupakan suatu hasil akhir dari makalah, skripsi, dan sejenisnya yang didalam berisikan dimana seseorang mendapatkan bahan materi untuk kelengkapan suatu bahan tersebut, dan pembaca dapat melihat sumber aslinya.(Eka Pertiwi)

2.Tata cara penulisan Bibliografi
a.Buku:
pertama; penulisan nama untuk awal menggunakan huruf besar terlebih dahulu setelah nama belakang ditulis beri (tanda koma), dimulai dari nama belakang lalu beri (tanda koma) dan dilanjutkan dengan nama depan, kedua; tahun pembuatan atau penerbitan buku, ketiga; judul bukunya ingat ditulis dengan mengunakan huruf miring setelah judul gunakan (tanda titik), keempat; tempat diterbitkannya setelah tempat penerbitan gunakan (tanda titik dua), dan kelima; penerbit buku tersebut diakhiri dengan (tanda titik). Seperti contoh dibawah ini:
1.     Peranginangin, Kasiman (2006). Aplikasi Web dengan PHP dan MySql. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.
2.     Soekirno, Harimurti ( 2005). Cara Mudah Menginstall Web Server Berbasis Windows Server 2003. Jakarta: Elex Media Komputindo.
b.Internet:
 pertama; tulis nama, kedua; tulis (tahun buku atau tulisan dibuat dalam tanda kurung) setelah itu beri (tanda titik), ketiga; tulis judul buku/tulisannya lalu beri (tanda titik) lagi, keempat; tulis alamat websitenya gunakan kata (from) untuk awal judul web dll setelah itu beri tanda koma, kelima; tulis tanggal pengambilan data tersebut ok. Seperti contoh dibawah ini:
Albarda (2004). Strategi Implementasi TI untuk Tata Kelola Organisasi (IT Governance). From http://rachdian.com/index2.php?option=com_docman&task=doc_view&gid=27&Itemid=30, 3 August 2008
      c.Skripsi:

Tesis dan Disertasi
Penulis. Tahun. Judul Skripsi ,Tesis atau Disertasi (diberi tanda petik dua ). Nama fakultas atau pascasarjana. Universitas. Kota.

d.Makalah:
Waseso, M.G. 2001. Isi dan Format Jurnal Ilmiah . Makalah disajikan dalam Seminar Lokakarya Penulisan Artikel dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah, Universitas Lambungmangkurat, Banjarmasin , 9-11 Agustus.

e.Majalah/koran:
Kansil, C.L. 2002. Orientasi Baru Penyelenggaraan Pendidikan Program Profesional dalam Memenuhi Kebutuhan Dunia Industri. Transpor , XX (4): 57-61.
3.Jenis –jenis bibliografi
“Jenis bibliografi yang dihasilkan dalam pembuatan publikasi sekunder akan tergantung pada jenis pustaka yang akan didaftar. Misalnya akan dibuat daftar yang berasal dari deskripsi katalog buku yang dimiliki perpustakaan, maka daftar tersebut dapat dinamakan daftar katalog. Sementara jika daftar yang disusun berdasarkan judul artikel suatu majalah, maka daftar tersebut dapat disebut daftar isi.
Dari segi penyajian dan uraian deskripsinya dibedakan menjadi:
Bibliogrfi deskriptif  Yaitu bibliografi yang dilengakapi deskripsi singkat yang didapat dari gambaran fisik yang tertera atau tertulis dalam suatu bahan pustaka. Seperti judul buku atau majalah, judul artikel, nama pengarang, data terbitan (impresium), kolasi serta kata kunci dan abstrak yang tertulis, sedangkan Bibliografi evaluatif  Yaitu bibliografi yang dilengkapi dengan evaluasi tentang suatu bahan pustaka yang  biasanya mencakup penilaian terhadap isi suatu bahan pustaka atau artikel.” (gudang materi : 2010 )

4.Penulisan bibliografi jika penulisnya
a.2 orang:
Arifin, E.Zaenal dan Amran Tasai.1993. Cermat Berbahasa
               Indonesia. Jakarta: MSP
b.lebih dari 3 orang:
Alieva, N. F, dkk. 1991. 1991. Bahasa Indonesia Deskripsi
              dan Teori. Yogyakarta: Kanisius

5.Penulisan nama apabila terdiri dari:
a.satu kata:
“Ramlan, 1983. Morfologi: Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: UP Karyono.” (Abdul Chaer. 2008)

b.dua kata:
”Purwo, Bambang Kaswanti (edit). 1984. Toward a Deskription of contemporary Indonesia: Preliminary Studies part 1. Jakarta: Nusa Vol. 18”. (Abdul Chaer.2008)
 
c.tiga kata:
” Vries, J.W. de. 1970. “Indonesian Abbreviation and Acronyms”, dalam Bijdragen tot de Taal, Land, en Volkenkunde 126: 328-346.” (Abdul Chaer. 2008)

6.Contoh Bibliografi:

Ramanathan Kalimuthu, 1987,
 Asas Sains Politik 
, Petaling Jaya, Penerbit Fajar BaktiSdn. Bhd.Mahdi Shuid, 2009,
Teks Pra-U STPM : Sejarah Malaysia
, Petaling Jaya, PearsonMalaysia Sdn. Bhd.Mohd Rumaizuddin Ghazali,
Malaysia Demokrasi Islam ? 
, Dilayari pada 2 Oktober 2009di URL http://www.google.com.my/url?sa=t&source=web&ct=res&cd=25&url=http% 3A%2F%2Fwww.mindamadani.my%2Findex2.php%3Foption%3Dcom_content%26do_pdf %3D1%26id%3D130&ei=dtXESpCbHci9kAX2v_lI&rct=j&q=ciri-ciri+demokrasi&usg=AFQjCNErUP2BSuYQl6EvjvxfH_L-_G7cgwRuslan Zainuddin, 2006,
Sejarah Malaysia edisi kedua
, Penerbit Fajar Bakti Sdn. Bhd,Selangor Tiada Nama Pengarang,
Politik Malaysia
, Dilayari pada 14 September 2009 di URLhttp://ms.wikipedia.org/wiki/Politik_MalaysiaTiada Nama Pengarang,
Sistem Majoriti 
, Dilayari pada 14 September 2009 di URLhttp://ms.wikipedia.org/wiki/Sistem_majoritiTiada Nama Pengarang,
Parlimen
, Dilayari pada 14 September 2009 di URLhttp://ms.wikipedia.org/wiki/ParlimenTiada Nama Pengarang,
Pilihanraya
, Dilayari pada 14 September 2009 di URL









Daftar pustaka

Definisi Bibliografi
http://chivaz.net/2012/08/cara-menulis-daftar-pustaka-data-diambil-dari-buku.html
http://chivaz.net/2012/08/cara-menulis-daftar-pustak www.anascava.com/cara-penulisan-daftar-pustaka-dari-internet-buku-artikel-jurnal-koran/
a-data-diambil-dari-internet.html
http://id.scribd.com/doc/22966100/Contoh-Bibliografi.
www.anascava.com/cara-penulisan-daftar-pustaka-dari-internet-buku-artikel-jurnal-koran/































NAMA:EKA PERTIWI BASIR
KELAS:BUSINESS ENGLISH ‘B’
NIM:1252132067

Tidak ada komentar:

Posting Komentar