Kamis, 04 Oktober 2012

Hadkrianti Dewi Putri 1252132044


1.      Pengertian bibliografi
“Kata bibliografi berasal dari bahasa Yunani dengan akar kata Biblion: yang berarti buku dan Graphein: yang berarti menulis, maka kata Bibliografi secara harfiah berarti penulisan buku.Dalam hal ini maka bibliografi berarti kegiatan teknis membuat deskripsi untuk suatu cantuman tertulis atau pustaka yang telah diterbitkan, yang tersusun secara sistematik berupa daftar menurut aturan yang dikehendaki. Dengan demikian tujuan bibliofrafi adalah untuk mengetahui adanya suatu buku/pustaka atau sejumlah buku/pustaka yang pernah diterbitkan.” ( http://kolom-biografi.blogspot.com/2010/05/pengertian-bibliografi-dan-manfaatnya.html )
2.      Tata cara penulisan bibliografi jika yang diambil dari :
a.       Buku
“Nama penulis. Tahun. Judul Buku. Tempat: Penerbit. Contoh : Sudadi, 1996 Uraian Lengkap English Tenses. Malang: Semma”( Sudadi.1999  )
b.      Internet
“Nama penulis. Tahun. Judul Artikel. Alamat web. Tanggal akses. Contoh : Farichin Farich . 06 Mei 2011. MENULIS DAFTAR PUSTAKA.http://farichinfarich.blogspot.com/2011/05/menulis-daftar-pustaka.html.03/10/2012.”
c.       Skripsi
Skripsi, tesis, dan disertasi yang belum dipublikasikan untuk umum, diperlakukan sama dengan artikel, kemudian dituliskan jenis karya ilmiah (skripsi/tesis/disertasi), diikuti nama jurusan, fakultas, perguruan tinggi, kota dan tahun penerbitan. (Muliadi.2008.Tekhnik Penulisan Bibliografi.http://muliadinur.files.wordpress.com/2008/05/teknik-penulisan-bibliografi.pdf.04/10/2012.)
d.      Makalah
“Nama penulis ditulis paling depan, dilanjutkan dengan tahun, judul makalah ditulis dengan cetak miring, kemudian diikuti pernyataan "Makalah disajikan dalam ...", nama pertemuan, lembaga penyelenggara, tempat penyelenggaraan, dan tanggal serta bulannya. Contoh : Karim, Z., 1987. Tatakota di Negara-negaraBerkembang. Makalahdisajikandalam Seminar Tatakota, BAPPEDA JawaTimur, Surabaya, 1-2 September.” (daud : 2010)
e.       Majalah/Koran
“Sarewitz, D., & Pielke, R. (2000, July). Breaking the global warming gridlock [Electronic version]. The Atlantic
Monthly, 286(1), 54-64.” (girlycious09’s.2010)


3.      Jenis-jenis biografi
• Bibliogrfi deskriptif:
Yaitu bibliografi yang dilengakapi deskripsi singkat yang didapat dari gambaran fisik
yang tertera atau tertulis dalam bahan pustaka. Seperti judul buku atau majalah, judul
artikel, nama pengarang, data terbitan (impresium), kolasi serta kata kunci dan abstrak
yang tertulis.
• Bibliografi evaluatif:
Yaitu bibliografi yang dilengkapi dengan evaluasi tentang suatu bahan pustaka.
Evaluasi ini biasanya mencakup penilaian terhadap isi suatu bahan pustaka atau
artikel.
(Triani, Suni. 2001. ”Petunjuk Penyusunan Bibliografi”http:/pengertian Bibligrafi.com. 1 Oktober 2012. 04.30 pm)
4.      Bagaimana penulisannya jika :
a.       Dua orang
Jika ada 2 penulis, yang dibalik hanya nama 1 penulis saja. Misalnya: Saryono, Djoko dan Wahyudi Siswanto
b.      Lebih dari tiga orang
Nama penulis ditulis 1 saja dan diikuti dkk. Misalnya ada 3 penulis yaitu Kisyani Laksono, Bambang Yulianto, dan Titik Harsiati, maka ditulis: Laksono, Kisyani dkk. (Ahira, 2011)
5.      Bagaimana penulisan nama apabila terdiri dari
a.       Satu kata
Penulisan nama penulis yang hanya terdiri dari satu kata sangat simpel hanya menulis nama penulis tersebut kemudian diberi tanda titik (.) (Nur, 2008).
b.      Dua kata
Jika nama penulis terdiri dari dua kata maka nama belakang ditulis terlebih dahulu lalu diberi tanda koma (,), dilanjutkan nama depan kemudian diberi tanda titik (.) (Nur, 2008).
c.       Tiga kata
Penulisan nama yang terdiri dari tiga kata yaitu diawali dengan nama belakuang lalu tanda koma (,), dilanjutkan nama depan dan nama tengah lalu tanda titik (.) (Nur, 2008).
6.      Contoh bibliografi
Allen, W.S. 1974. Livingenglish Structure, london: Longman

Nama : Hadkrianti Dewi Putri
Nim     : 1252132044

Tidak ada komentar:

Posting Komentar