Kamis, 04 Oktober 2012

NURUL HIJRAH (1252132045)


BIBLIOGRAFI

1.     Pengertian Bibliografi
Bibliografi (dari bahasa Yunani βιβλιογραφία, bibliographia, secara harfiah "penulisan buku"), sebagai sebuah praktik, adalah buku studi akademis seperti fisik, benda-benda budaya, dalam pengertian ini, juga dikenal sebagai bibliology (dari bahasa Yunani-λογία,-logia) . Secara keseluruhan, bibliografi tidak peduli dengan isi buku-buku sastra, melainkan lebih kepada "bookness" buku (http://id.wikipedia.org/wiki/Bibliografi)
Kata bibliografi berasal dari bahasa Yunani dengan akar kata Biblion: yang berarti buku dan Graphein: yang berarti menulis, maka kata Bibliografi secara harfiah berarti penulisan buku.Dalam hal ini maka bibliografi berarti kegiatan teknis membuat deskripsi untuk suatucantuman tertulis atau pustaka yang telah diterbitkan, yang tersusun secara sistematik berupa daftar  menurut aturan yang dikehendaki. (Sheva Shany Nd Fani, Bahasa indonesia  daftar pustaka)

2.     Tata cara penulisan bibliogrfi dari:
a.     Buku
-         Nama pengarang
-         Tahun terbit
-         Judul buku
-         Tempat terbit (Sheva Shany Nd Fani, Bahasa indonesia  daftar pustaka)
b.     Internet
-         Nama penulis yang diawali dengan penulisan nama keluarga
-         Judul tulisan diletakkan diantara tanda kutip
-         Jika karya tulis keseluruhan (jika ada) dengan huruf miring
-         Data publikasi berisi protocol dan alamat, path, tanggal pesan, atau waktu akses dilakukan.
(Ahmad-Yunus.2012.)
c.      Skripsi
-         Nama penulis
-         Tahun pembuatan
-         Judul skripsi
-         Nama fakultas
-         Nama universitas
Navaro, Jemmy. Tahun 2012. "Aplikasi Diagnosa Buta Warna Mata". Skripsi. Fakultas Teknik Informatika. STMIK Tasikmalaya. (Dreamer, 2012)

d.     Makalah
Makalah seminar, lokakarya, penataran:
-          Nama penulis
-          Tahun pembuatan
-          Judul makalah
-          Tujuan pembuatan makalah
-          Nama universitas
-          Nama kota
-          Tanggal diadakannya acara.
Waseso, M.G. 2001. Isi dan Format Jurnal Ilmiah . Makalah disajikan dalam Seminar Lokakarya Penulisan Artikel dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah, Universitas Lambungmangkurat, Banjarmasin , 9-11 Agustus.( .anascava.com/)

e.      Majalah/ koran
-         Nama pengarang. (Tarikh penerbitan). Judul artikel.
-         Judul Majalah,
-         Mukasurat  (Hassan Mohd Ghazali,Cara Menulis Bibliografi)

3.     Jenis Jenis bibliografi
Jenis-Jenis Bibliografi Jenis bibliografi yang dihasilkan dalam pembuatan publikasi sekunder akan tergantung pada jenis pustaka yang akan didaftar. Misalnya akan dibuat daftar yang berasal dari deskripsi katalog buku yang dimiliki perpustakaan, maka daftar tersebut dapat dinamakan daftar katalog. Sementara jika daftar yang disusun berdasarkan judul artikel suatu majalah, maka daftar tersebut dapat disebut daftar isi. Dari segi cara penyajian dan uraian deskripsinya, bibliografi dibagi menjadi:
 • Bibliogrfi deskriptif: Yaitu bibliografi yang dilengakapi deskripsi singkat yang didapat dari gambaran fisik yang tertera atau tertulis dalam bahan pustaka. Seperti judul buku atau majalah, judul artikel, nama pengarang, data terbitan (impresium), kolasi serta kata kunci dan abstrak yang tertulis. • Bibliografi evaluatif: Yaitu bibliografi yang dilengkapi dengan evaluasi tentang suatu bahan pustaka. Evaluasi ini biasanya mencakup penilaian terhadap isi suatu bahan pustaka atau artikel.
Cakupan Bibliografi Dari segi cakupanya, bibliografi dapat dibagi menjadi:
• Bibliografi retrospektif : Yaitu jenis bibliografi yang mencatat bahan pustaka yang telah diterbitkan pada jaman yang lampau. Misalnya “Bibliografi sejarah perang Dipenogoro”
• Bibliografi terkini/current : Yaitu jenis bibliografi yang mencatat terbitan yang sedang atau masih terbit saat ini. Contohnya Ulrich’s International Periodicals Directory.
 • Bibliografi selektif : Yaitu jenis bibliografi yang mencatat terbitan tertentu dengan tujuan tertentu. Misalnya “Buku bacaan terpilih untuk anak usia pra sekolah”.
 • Bibliografi subjek : Yaitu jenis bibliografi yang mencatat bahan pustaka atau artikel pada bidang ilmu dan subjek tertentu. Misalnya “Bibliografi khusus ternak kelinci”.
 • Biliografi nasional : Yaitu jenis bibliografi yang mencatat terbitan suatu negara atau daerah regional tertentu. Contohnya “Bibliografi Nasional Indonesia”. (Sheva Shany Nd Fani, Bahasa indonesia  daftar pustaka)

4.     Penulisan bibliografi jika penulisnya

a.     2 orang
Nama PenerbitBuku dengan dua atau tiga pengarang, nama pengarang kedua dan ketiga tidak dibalikan, urutan nama pengarang harus sesuai dengan apa yang tercentum pada halaman judul buku, tidak boleh diadakan perubahan urutannya. Buku dengan banyak pengarang,hanya nama pengarang pertama dicantumkan dengan susunan terbalik. Untuk mengagantikan nama-nama pengarang lainnya cukup dipergunakan singakatan dll. Dandkk (dan kawan-kawan) (Sheva Shany Nd Fani, Bahasa indonesia  daftar pustaka)

b.     Lebih Dari 3 orang
- Nama  pengarang  pertama, pengarang kedua, pengarang ketiga,pengarang keempat, & pengarang kelima. (Tahun penerbitan).
- Judul.
- Tempat penerbitan: Penerbit. (Hassan Mohd Ghazali,Cara Menulis Bibliografi)

 5.     Penulisan nama apabila  terdiri dari
a.     Satu kata
Apabila nama terdiri dari satu kata saja penulisannya tetap.
Contoh : Rahman, ditulis menjadi Rahman 2011, teknologi Informasi
(Dreamer, 2012)
b.      Dua kata
Jika nama penulis terdiri dari 2  kata atau lebih, cara penulisannya ialah nama akhir diikuti dengan koma, singkatan nama depan, tengah dan seterusnya, yang semuanya diberi titik. Contoh :
Douglas V. Hall ditulis Hall, D.V. (budi.blog.undip, 2010)
c.      Tiga kata
Apabila nama penulis terdiri dari tiga kata, penulisan namanya sama dengan penulisan yang namanya terdiri dari dua kata, bagian nama paling belakang dipindahkan kebagian depan kemudian diikuti tanda koma.
Contoh
Ali Akbar Navis ditulis menjadi Navis Ali Akbar (farih, 2011)




6.     Contoh bibliografi

Badudu, J.S. 1985. Cakrawala Bahasa Indonesia. Jakarta : Gramedia.Depdikbud 1988. Pedoman Umum Pembentukan Istilah, Jakarta: Balai Pustaka.
Contoh 3 Pengarang
Atosokhi, Antonius, Antonina Panca Yuni Wulandari dan Yohanes Babasari. 2003.Character Building II Relasi Dengan Sesama. Jakarta : Elex Media Komputindo. (Sheva Shany Nd Fani, Bahasa indonesia  daftar pustaka)







DAFTAR PUSTAKA

-          (budi.blog.undip.ac.id/files/2010/10/6.-BAB-IV-hasil-keputusan.doc)
-          Farich, Farichin. 2011. Menulis daftar pustaka, http://farichinfarich.blogspot.com/2011/05/menulis-daftar-pustaka.html.)
-         Hassan Mohd Ghazali,Cara Menulis Bibliografi, http://id.scribd.com/doc/25537888/Cara-penulisan-bibliografi)
-         (Sheva Shany Nd Fani, Bahasa indonesia  daftar pustaka ,http://ml.scribd.com/doc/22268141/Pengertian Bibliografi)
-          .( http://www.anascava.com/)













Tidak ada komentar:

Posting Komentar