Kamis, 04 Oktober 2012

MUZANU ROHMAN (1252132053)



Nama     : MUZANU ROHMAN
Kelas     : BUSINESS ENGLISH B
Nim       : 1252132053



1.    Pengertian Bibliografi.
Bibliografi (dari bahasa Yunani βιβλιογραφία, bibliographia, secara harfiah "penulisan buku"), sebagai sebuah praktik, adalah buku studi akademis seperti fisik, benda-benda budaya, dalam pengertian ini, juga dikenal sebagai bibliology (dari bahasa Yunani-λογία,-logia) . Secara keseluruhan, bibliografi tidak peduli dengan isi buku-buku sastra, melainkan lebih kepada "bookness" buku.”( http://id.wikipedia.org/wiki/Bibliografi)


2.      Tata cara penulisan bibliografi yang di ambil dari :

a) Buku
“pertama; penulisan nama untuk awal menggunakan huruf besar terlebih dahulu setelah nama belakang ditulis beri (tanda koma), dimulai dari nama belakang lalu beri (tanda koma) dan dilanjutkan dengan nama depan, kedua; tahun pembuatan atau penerbitan buku, ketiga; judul bukunya ingat ditulis dengan mengunakan huruf miring setelah judul gunakan (tanda titik), keempat; tempat diterbitkannya setelah tempat penerbitan gunakan (tanda titik dua), dan kelima; penerbit buku tersebut diakhiri dengan (tanda titik).” http://cookies.web.id/2011/12/
            Seperti contoh dibawah ini:
Peranginangin, Kasiman (2006). Aplikasi Web dengan PHP dan MySql. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.
b)Internet
“Penulisan daftar pustaka dalam pengambilan data dari internet, pertama; tulis nama, kedua; tulis (tahun buku atau tulisan dibuat dalam tanda kurung) setelah itu beri (tanda titik), ketiga; tulis judul buku/tulisannya lalu beri (tanda titik) lagi, keempat; tulis alamat websitenya gunakan kata (from) untuk awal judul web dll setelah itu beri tanda koma, kelima; tulis tanggal pengambilan data tersebut.” http://cookies.web.id/2011/12/
 Seperti contoh dibawah ini:
Albarda (2004). Strategi Implementasi TI untuk Tata Kelola Organisasi (IT Governance). From http://rachdian.com/index2.php?option=com_docman&task=doc_view&gid=27&Itemid=30, 3 August 2008




c)Skripsi
  Tata cara penulisan Bibliography di ambil dari sumber Skripsi sama halnya penulisannya dengan sumber dari buku,
Yaitu : nama pengarang di balik, sudah itu tahun, Judul tulisan diletakkan diantara tanda kutip, setelah itu Judul keseluruhan dalam format ITALIC SKRIPSI S1 misalnya, bedanya Kota dan penerbit diganti dengan jurusan dan nama universitas tersebut.
 Contoh:
Wartomo,Adi.2002. “ Analisis Poligami dalam Novel-novel Indonesia”. Skripsi S1. Jurusan Pend. Bahasa dan sastra Indonesia,FBS,UNM.

d)Makalah
“Penulisan nama pengarang di balik, setelah itu tahun penerbit, judul dalam format ITALIC , perbedaanya terletak Kota dan tanggal sebagai pengganti Penerbit.  Dimana penulisan tanggal di tandai tanda ( - ).”
Contoh : Waseso, M.G. 2001. Isi dan Format Jurnal Ilmiah . Makalah disajikan dalam Seminar Lokakarya Penulisan Artikel dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah, Universitas Lambungmangkurat, Banjarmasin , 9-11 Agustus.http://contohskripsi-makalah.blogspot.com/ Oleh Kris, 3 September 2012.

e)Majalah/Koran
“Sedikit berbeda tata cara penulisan bibliography dari sumber Majalah atau Koran di mana setelah nama pengarang biasanya tahun tetapi tanggal penerbit di dahulukan kemudian kota dan penerbit diganti dengan PAGE/HALAMAN biasa di singkat hlm.
Contohnya :
Pitunov, B. 13 Desember, 2002. Sekolah Unggulan ataukah Sekolah Pengunggulan? Majapahit Pos , hlm. 4 & 11.
( SUMBER : http://blog.rosihanari.net Oleh Rosihan Ari, 16 February 2009 ).



3.Jenis-Jenis Bibliografi
Ada dua yaitu Bibliography Deskriptif dan Evaluatif
Bibliography Deskriptif  kita sudah dapat menyimpullkan bahwa deskriptif itu gambaran, jadi bibliografi yang dilengakapi deskripsi singkat yang didapat dari gambaran fisik yang tertera atau tertulis dalam bahan pustaka.
Sedangkan Bibliography Evaluatif, yaitu Daftar pustaka yang di evaluasi mencakup penilaian terhadap isi suatu bahan pustaka atau artikel.
Dari segi cakupannya terbagi atas 5 yaitu Bibliography retrospektif, terkini, selektif, subjek, dan nasional.
( SUMBER : http://kolom-biografi.blogspot.com/ Oleh Wink Yagami, No Date ).

4.Bagaimana penulisan Bibliografi jika penulisnya:
a) 2 orang
b) Lebih dari tiga orang
a. Penulisan daftar pustaka yang lebih dari satu/dua orang penulis dalam buku yang sama. Pertama  tulis nama belakang dari penulis yang pertama setelah nama belakang beri (tanda koma) lalu tulis nama depan jika nama depan berupa singkatan tulis saja singkatan itu setelah nama pertama selesai beri (tanda titik) lalu beri (tanda koma) untuk nama kedua / ketiga ditulis sama seperti nama sali alis tidak ada perubahan, yang berubah penulisannya hanya orang pertama sedangkan orang kedua dan ketiga tetap. Setelah penulisan nama kedua selesai, nah jika tiga penulis gunakan tanda dan (&) pada nama terakhir begitupula jika penulisnya hanya dua orang saja, setelah penulisan nama selesai, Kedua; tahun pembuatan atau cetakan buku tersebut dengan diawali [tanda kurung buka dan kurung tutup/ (  )] setelah itu beri (tanda titik). Ketiga; judul buku atau karangan setelah itu beri (tanda koma) dan ditulis dengan huruf miring ok. keempat; yaitu penulisan tempat penerbitan/cetakan setelah itu beri (tanda titik dua : ) dan terakhir kelima; nama perusahaan penerbit buku atau tulisan tersebut dan diakhiri (tanda titik) ok.  Untuk gelar akademik tidak ditulis dalam penulisan daftar pustaka. Nah ini contohnya Seperti dibawah ini:
·       Suteja, B.R., Sarapung, J.A, & Handaya, W.B.T. (2008). Memasuki Dunia E-Learning, Bandung: Penerbit Informatika.
·       Whitten, J.L.,Bentley, L.D., Dittman, K.C. (2004). Systems Analysis and Design Methods. Indianapolis: McGraw-Hill Education.(sumber:Faisal)


b. Nama  pengarang  pertama, pengarang kedua, pengarang ketiga,pengarang keempat, & pengarang kelima. (Tahun penerbitan).
- Judul.
- Tempat penerbitan: Penerbit. (Hassan Mohd Ghazali,Cara Menulis Bibliografi)

5.Bagaimana penulisan nama apabila terdiri dari:
a. Satu kata
Apabila nama penulis terdiri dari satu kata saja penulisannya tetap.
Contoh :Rahman ditulis  Rahman. 2011. Teknologi Informasi. http://thedreamer13.blogspot.com/iptek/....html.(dreamer, 2012)
b. Dua kata
Apabila nama penulis terdiri dari dua, bagian nama paling belakang dipindah ke bagian depan kemudian diikuti tanda koma.
Contoh:
Dewi Lestari ditulis menjadi Lestari, Dewi.(farich,2011)
c. Tiga kata
Apabila nama penulis terdiri dari tiga kata, penulisan namanya sama dengan penulis yang namanya terdiri dari dua kata, bagian nama paling belakang dipindahkan ke bagian depan kemudian diikuti tanda koma.
Contoh :
Ali Akbar Navis ditulis menjadi Navis, Ali Akbar. (farich,2011)



6.Berikan contoh Bibliografi
 Adam I, Indrawijaya. 1989. Perubahan dan Pengembangan Organisasi. Bandung: Penerbit Sinar Baru.
Adams, Cindy. 1966. Bungkarno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia. Alih bahasa : Major Abdul Barsalim Jakarta : Gunung Agung.
Adi, Isbandi Rukminto, 1994. Psikologi, Pekerjaan Sosial dan Ilmu Kesejahteraan: Dasar- Dasar Pemikiran, Jakarta : Raja Grafindo Persada.
......., 2001. Pemberdayaan, Pengembangan Masyarakat dan Intervensi Komunitas (Pengantar pada Pemikiran pendekatan praktis), Jakarta: Lembaga Penerbit FEUI.
......., 2002. Pemikiran-Pemikiran dalam Pembangunan Kesejahteraan Sosial. Jakarta: Lembaga Penerbit FE-UI.
Adisumarto, Harsono. 1987, Hak Milik Intelektual Khususnya Hak Cipta, Jakarta : Akademika Pressindo.
Agoes, S. 1999. Auditing (Pemeriksaan Akuntan Oleh Kantor Akuntan Publik). Jakarta: Fakultas Ekono mi Universitas Indonesia.
Aidit , D.N.. 1963. Tentang Marxisme. Jakarta. Akademi Ilmu Sosial Aliarcham.
Ali, Hasyim, dkk, 2002, Kamus Asuransi, Jakarta : Bumi Aksara.
Ala, Andre Bayo, (editor), 1996. Kemiskinan dan Strategi Memerangi Kemiskinan, Yogyakarta : Liberty.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar