Kamis, 04 Oktober 2012

M. RANDY SULTAN (1252132076)

1.      Pengetian bibliografi.
Bibliografi atau daftar pustaka adalah deskripsi atau gambaran untuk suatu cantuman tertulis atau pustaka yang telah diterbitkan berupa daftar yang terdiri dari nama pengarang, judul buku/artikel, dan bahan terbitan lain yang dijadikan sumber rujukan dalam sebuah tulisan. Daftar pusaka biasanya diletakkan pada lembaran terakhir sebuah tulisan. (Kusmiatun:2012)
 
2.      Tata cara penulisan bibliografi yang diambil dari :
a.      Buku
Jika sumber bibliografi diambil dari buku maka cara penulisannya yaitu nama pengarang yang di balik, kemudian tahun, judul buku yang di cetak miring, tempat/kota buku tersebut diterbitkan, lalu penerbit buku tersebut. Perhatikan contoh berikut :
Arifin, Zainal. 1999. Teknik Penulisan Kapal Industri. Jakarta: Gramedia
(Kusmiatun: 2012)
b.      Internet
Untuk membuat daftar pustaka yang mengambil sumber dari internet, maka cara penulisannya yaitu nama penulis yang diawali dengan nama belakang, judul tulisan diletakkan di antara tanda kutip(“), jika karya tulis keseluruhan (jika ada) dengan huruf miring, data publikasi berisi protocol dan alamat, path, tanggal, atau waktu akses dilakukan. Perhatikan contoh berikut :
Hasibuan, Rusli. “Menanam Jengkol di Bukit Kapur.” http:/www.duniatani.or.id/rusli/palawijajengkol.html(diakses tanggal 2 juni 2003).
(Yunus:2012)
c.       Skripsi
Untuk menulis bibliografi yang mengambil sumber dari skripsi, tata cara penulisannya yaitu nama yang diawali dengan nama belakang penulis, tahun, judul yang diletakkan diantara tanda kutip, judul keseluruhan dalam format italic, kemudian nama jurusan dan nama universitas. Perhatikan contoh berikut:
Hardiansyah,Guntur.2011.”Analisis Pengaruh Promosi Pada Penjualan Air Minum PT Rajawali.”Skripsi S1.jurusan Manajemen.Stie Amkop Makassar.
(Kusmiatun:2012)
d.      Makalah
Untuk menulis bibliografi yang mengambil sumber dari makalah, tata cara penulisannya yaitu nama penulis yang di balik, tahun, judul dalam format ITALIC yang diletakkan diantara tanda kutip,penerbit di ganti dengan nama kota dan tanggal. Perhatikan contoh berikut :
Waseso, M.G. 2001. Isi dan Format Jurnal Ilmiah . Makalah disajikan dalam Seminar Lokakarya Penulisan Artikel dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah, Universitas Lambungmangkurat, Banjarmasin , 9-11 Agustus.
(Kusmiatun:2012)

e.      Majalah/Koran
Untuk menulis bibliografi yang bersumber dari majalah atau Koran, cara penulisan daftar pustakanya yaitu dengan nama penulis yang di balik, tanggal terbit, tahun, judul , dan halaman. Perhatikan contoh berikut :

Nasution, Anwar. 1975. “Sistem Moneter Internasional”.Dalam Prisma, Desember, IV. Jakarta
(Utami:2009).



3.      Jenis-jenis bibliografi
“ Jenis bibliografi yang dihasilkan dalam pembuatan publikasi sekunder akan tergantung pada jenis pustaka yang akan didaftar. Misalnya akan dibuat daftar yang berasal dari deskripsi katalog buku yang dimiliki perpustakaan, maka daftar tersebut dapat dinamakan daftar katalog. Sementara jika daftar yang disusun berdasarkan judul artikel suatu majalah, maka daftar tersebut dapat disebut daftar isi.
Dari segi cara penyajian dan uraian deskripsinya, bibliografi dibagi menjadi:
• Bibliogarfi deskriptif:
Yaitu bibliografi yang dilengakapi deskripsi singkat yang didapat dari gambaran fisik
yang tertera atau tertulis dalam bahan pustaka. Seperti judul buku atau majalah, judul
artikel, nama pengarang, data terbitan (impresium), kolasi serta kata kunci dan abstrak
yang tertulis.
• Bibliografi evaluatif:
Yaitu bibliografi yang dilengkapi dengan evaluasi tentang suatu bahan pustaka.
Evaluasi ini biasanya mencakup penilaian terhadap isi suatu bahan pustaka atau
artikel”.
(Palena, Gus:2012)
4.      Penulisan bibliografi jika penulisnya:

a.      2 orang
Jika penulis dalam bibliografi terdiri dari 2 orang penulis, maka cara penulisannya yaitu nama belakang penulis pertama di tulis paling pertama, kemudian di beri tanda koma, lalu nama depannya di tulis setelah tanda koma. Lalu di tambah dengan kata (dan), kemudian nama penulis kedua tetap tanpa di ubah-ubah.
b.      Lebih dari 3 orang
Jika lebih dari tiga orang, ditulis nama pengarang pertama yang dibalik lalu ditambahkan singkatan “dkk” (dan kawan-kawan).

5.      Penulisan nama dalam bibliografi apabila terdiri dari:
a.      1 kata
Jika nama dalam bibliografi terdiri dari 1 kata, maka penulisannya tetap dan tidak ada yang di ubah-ubah.
b.      2 kata
Jika nama dalam bibliografi terdiri dari 2 kata, maka penulisan namanya di balik, nama belakang di tulis pertama dengan huruf kapital, kemudian nama depan di tulis setelah nama belakang yang diantarai oleh tanda koma.
Contohnya Randy Sultan, penulisannya dalam bibliografi menjadi Sultan, Randy.
c.       3 kata
Jika nama dalam bibliografi terdiri dari 3 kata, maka penulisan namanya di awali dengan nama yang paling belakang dengan huruf awalnya huruf capital.
Contohnya Resky Aninda Sulastri, penulisannya dalam bibliografi menjadi Sulastri, Resky Aninda.
(Utami:2009)
6.      Contoh bibliografi :
·         Bird, Tony. 1987. Kimia Fisik untuk Universitas. Jakarta: Gramedia.
·         Alders, C.J. 1987. Ilmu Aljabar. Jakarta: Gramedia

(Kusmiatun:2012)




DAFTAR PUSTAKA

Palena, Gus.2012. Pengertian dan Mamfaat Bibliografi. http://guspalenatiolen.blogspot.com/2012/04/pengertian-bibliografi-dan-dan-jenisnya.html#more. (diakses pada tanggal 02/10/2012)

Utami, Sri dan Sugiarti. Menulis Daftar Pustaka. http://www.sentra-edukasi.com/2009/10/membuat-menulis-daftar-pustakahtml#. (diakses pada tanggal 02/10/2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar