Kamis, 04 Oktober 2012

DEVI NOVIANI (1252132058)


1)      PENGERTIAN BIBLIOGRAFI
Bibliografi berasal dari bahasa Yunani dengan akar kata Biblion: Yang berarti buku dan graphein : yang berarti menulis, maka kata bibliografi secara harfiah berarti penulisan buku. Dalam hal ini bibliografi berarti kegiatan teknis yang membuat deskripsi untuk suatu cantuman tertulis atau pustaka yang telah diterbitkan, yang tersusun secara sistematika berupa daftar dan karya-karya lain seperti jurnal menurut aturan yang dikehendaki.



2)      TATA CARA PENULISAN BIBLIOGRAFI JIKA DIAMBIL DARI:
A)    BUKU
Cara penulisan referensi dari buku yaitu Penulisan nama dimulai dari nama belakang lalu diberi ( tanda koma ) dan dilanjutkan dengan nama depan, lalu tahun terbit, judul buku, tempat terbit ( gunakan  tanda titik 2 ), terakhir penerbit buku lalu tanda titik. Contohnya:

Peranginangin, Kasiman (2006). Aplikasi Web dengan PHP dan MygSgl.Yogyakarta:Penerbit Andi Offset

B)    INTERNET
Dengan menyebutkan nama penulisnya, tanda koma, tahun (bila ada), tanda koma, alamat website atau situsnya, tanda titik, dan tanggal pengaksesan website. Contohnya sbb:

-          Suharsaputra,U,2007,Quality of Education.
http://nalaraekonomi.blogspot.com. Diakses pada tanggal 10 November 2010. “ (Alpabia,2009)
C)    SKRIPSI
Penulisan referensi yang diambil dari thesis or dissertation sebenarnya tidak ada bedanya dengan penulisan referensi dari buku. Contohnya:

Marisette, A. (1999) The effect of sharp-edged prophylactics on patient recovery. (phd thesis). University of West cheam.

D)    MAKALAH
Jika kita membuat referensi dari makalah, dengan menuliskan nama pengarangnya,tahun,judul,dan penerbit. Contohnya :

Navaro, Jemmy. (2012), “ Aplikasi Diagnosa Buta Warna Mata “, Makalah, Fakultas Teknik Informatika, STMIK Tasikmalaya.

E)     MAJALAH ATAU PORAL
Cara penulisan referensi dari majalah/poral yaitu dengan menyebutkan nama penulis, tahun, judul,jenis majalah dan halaman seperti pada contoh:

Navaro, Jemmy. 2002. Orientasi baru Penyelenggaraan Pendidikan Program Profesional dalam Memenuhi Dunia Industri, Transpor, Hal: 57-61


3)      JENIS-JENIS BIBLIOGRAFI
   Jenis bibliografi yang dihasilkan dalam pembuatan publikasi sekunder akan tergantung pada jenis pustaka yang akan didaftar.Misalnya akan dibuat daftar yang berasal dari deskripsi katalog buku yang dimiliki oleh perpustakaan. Sementara jika daftar yang disusun berdasarkan judul artikel suatu majalah, maka daftar tersebut merupakan daftar isi.
   Dari jenis-jenis penyajiannya, bibliografi dibagi menjadi:
a)       Bibliografi deskriptif
Bibliografi ini dilengkapi dengan deskripsi singkat yang didapat dari gambaran singkat yang tertera dalam bahan pustaka.
b)      Bibliografi evaluativ
Bibliografi ini dilengkapi dengan evaluasi tentang suatubahan pustaka. “ (Blogbintang,2009)



4)      PENULISAN BIBLIOGRAFI JIKA PENULISNYA
a)      2 orang
Jika penulis terdiri dari dua orang, maka penulisannya disusun berdasarkan urutan abjad. Nama belakang menjadi penulis pertama. Untuk orang kedua ditulis seperti nama asli tidak ada perubahan, kemudian tahun, judul buku, tempat terbit, dan perusahaan penerbit. Contohnya:

Suteja,B.R,Sarapung, J.A & Handaya, W.B.T ( 2008). Memasuki dunia E.learning, Bandung : Informatika

b)      lebih dari 3 orang
Jika penulis terdiri lebih dari 3 orang, penyajiannya adalah nama penulis pertama dibalik, nama pengarang ke dua, ketiga dan seterusnya ditulis tanpa dibalik. Terus tahun terbit, judul buku, tempat terbit. Contohnya:

Idris,Z.husin; A Tohari dan M. Singarimbun. (2012).Manfaat Tanaman Cangkok, Jakarta.


5)      PENULISAN KATA APABILA TERDIRI DARI :
a)      1 kata
Apabila terdiri dari satu kata, maka dalam penulisannya tetap menggunakan nama tersebut. Misalnya nama Sarwono, jadi tetap ditulis dengan Sarwono.
b)      2 kata
Apabila terdiri dari dua kata, maka dalam penulisannya disusun berdasarkan urutan abjad nama belakang penulis pertama. Misalnya nama belakang diberi ( tanda koma ) nama depan diberi ( tanda titik ). Contoh:

Djoko Saryono menjadi Saryono, Djoko.
c)      3 kata
Apabila terdiri dari tiga kata, maka dalam penulisannya disusun juga berdasarkan urutan abjad. Misalnya nama belakang jadi penulis pertama dan nama pertama dan kedua jadi penulis terakhir. Contoh:

Vefit Mirna Anggraini manjadi Anggraini, Vefit Mirna.

6)      CONTOH BIBLIOGRAFI
a)      Wilson, John A.R. 2004. Psychological Foundation of Learning and Teaching. New York: McGrow-Hill Book Company.
b)      Ronald K. Flambleton, H.Savaminathan & H. Jane Rogers,(2000). Fundamentals of Item Response Theory. London: Sage Publications.



DAFTAR PUSTAKA
Niamuddin, Ami. 2009. www.sentra-edukasi.com, 04 Oktober 2012.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar