Jumat, 09 November 2012

VENY KUSUMAWAHIDIN (1252132050)

 Nama    : Veny Kusumawahidin
 NIM     :  1252132050
 Kelas    : Business English B



A.  Me + L, M, N, Q, R ( tidak ada perubahan )

1. Me + L
  a) Me + letak + kan = meletakkan
  b) Me + lebih + kan = Melebihkan
     Saya Meletakkan buku diatas meja
2. Me + M
   a) Me + masak = memasak
   b) Me + minum = meminum
       Saya sedang memasak di dapur
3. Me + N
   a) Me + nilai = menilai
   b) Me + narik = Menarik
       Saya sedang menilai pekerjaan teman
4. Me + Q

5. Me + R
    a) Me + rasa + kan = merasakan
    b) Me + retak + kan = meretakkan
        Saya merasakan bau tak sedap

B. ME + B, F, P, V ( Mem)

1. Me + B
  a) Me + buang = membuang
  b) Me + bentuk = membentuk
      Saya sedang membuang sampah
2. Me + F
   a) Me + fokus = memfokus
   b) Me + faktor + kan = memfaktorkan
       Saya sedang memfaktorkan suku bilangan dengan suku kata
3. Me + P
   a) Me + proses = memproses
   b) Me + pakai = memakai
       Saya sedang memakai baju
4. Me + V
    a) Me + vokal = memvokal
    b) Me + variasi = memvariasi
        Saya sedang memvariasi ruangan

C. ME + C, D, J, T ( men )

1. Me + C
   a) Me + cuci = Mencuci
   b) Me + cari = Mencari
       Saya sedang mencuci pakaian yang kotor
2. Me + D
    a) Me + didih = mendidih
    b) Me + didik = Mendidik
        Air itu sudah mendidih
3. Me + J
    a) Me + jauh = menjauh
    b) Me + jelas + kan = menjelaskan
        Ibu guru sedang menjelaskan materi pelajaran
4. Me + T
    a) Me + tutup = menutup
    b) Me + tambah = menambah
        Saya sedang menutup pintu

D. Me + K, G, H ( meng)

1. Me + K
    a) Me + kumpul = Mengumpul
    b) Me + kritik = Mengkritik
        Mereka mengkritik pekerjaanku yang salah
2. Me + G
    a) Me + gantung = menggantung
    b) Me + gunting = menggunting
        Adikku sedang menggunting kertas
3. Me + H
    a) Me + hapus = Menghapus
    b) Me + hitung = Menghitung
        Dia sedang menghitung uang

E. ME + satu suku kata ( menge )

    a) Me + kecil + kan = mengecilkan
    b) Me + keluar + kan = mengeluarkan
        Dosen itu sedang mengeluarkan berkas-berkas di dalam tasnya

F. ME + S ( meny )

    a) Me + saran + kan = menyarankan
    b) Me + susun = menyusun
        Saya sedang menyusun buku di atas meja

G. ME + K, P, T, S ( luluh )

1. Me + K
    a) Me + kukus = mengukus
    b) Me + ketik = mengetik
        Kakakku sedang mengetik
2. Me + P
    a) Me + pakai = memakai
    b) Me + pasti + kan = memastikan
        Adikku sedang memakai baju kesukaannya
3. Me + T
    a) Me + terima = menerima
    b) Me + tutup = menutup
        Guru itu sudah menerima gaji
4. Me + S
    a) Me + sewa = menyewa
    b) Me + salin = menyalin
        Mereka sedang menyalin tugas


Tidak ada komentar:

Posting Komentar