Sabtu, 17 November 2012

Erlangga Sudirman Ganty (1252132077)

Pembentukan dengan Awalan me- 

Pembentukan dengan Awalan me- memiliki aturan sebagai berikut :
   1.Tetap,jika huruf pertama  kata dasar adalah l, m, n, q, r, atau w.
Contoh :
Me- + lempar : melempar
Randi melempari try denagn penghapus papan tulis.
Me- + lingkar : melinkar
Randi melingkar di karpet mirip kucing.
Me- + minta : meminta
Try meminta roti milik angga ketika dia kelaparan.
Me- + masak : memasak
Patur memasak kue hello kitty untuk randi.
Me- + nonton : menonton
Menonton televisi, sekarang ini sudah tidak mesti di dalam rumah.
Me- + nanti : menanti
Me- + q
-
Me- + q
-
Fatur menanti kedatangan Randy.
Me- + rusak : merusak
Yusra merusak permainan milik Yusril.
Me- + rangkul : merangkul
Randy dan Mukhlis saling merangkul.
Me- + wabah : mewabah
Virus H5N1 sudah mewabah di Indonesia.
Me- + wisuda : mewisuda
      Para dosen mewisuda para mahasiswanya.
   
   2. Me- menjadi mem-, jika huruf pertama kata dasar adalah b, f, p, atau v.
Contoh :
Me- + bantu : membantu
Bagus membantu Muzanu membawa tugas makalah.
Me- + buat : membuat
Muzanu membuat nasi goreng di rumah Fathur.
Me- + filter : memfilter
Mukhlis memfilter kritik-kritik yang bermanfaat untuk dirinya sendiri.
Me- + fitnah : memfitnah
Muzanu memfitnah Fathur.
Me- + punya + i : mempunyai
Mukhlis dan Fathur mempunyai kelebihan di antara mahasiswa yang lain.
Me- + pajang : memajang
Seseorang tidak boleh memajang sembarangan foto dirumahnya.
Me- + voting : memvoting
Sebelum kelas dimulai, harus ditentukan dulu ketua kelas dengan cara memvoting.
Me- + visum : memvisum
Seorang dokter sedang memvisum pasiennya.

  3. Me- menjadi men-, jika huruf pertama kata dasar adalah c, d, j, atau t.
Contoh :
Me- + cuci : menyuci
Saya sedang menyuci pakaian di sumur tetangga.
Me- + cabut : mencabut
Muzanu mencabut bunga milik tetangganya.
Me- + datang : mendatang
Tugas harus diselesaikan di hari mendatang.
Me- + didik + nya : mendidiknya
Guru tidak hanya mengajar siswanya, tetapi juga mendidiknya.
Me- + jatuh + kan : menjatuhkan
Mukhlis menjatuhkan tas miliknya yang berisi laptop.
Me- + jamu : menjamu
Fathur menjamu para tamu yang datang ke rumahnya.
Me- + tusuk : menusuk
Ketika perang antar fakultas, seorang dari fakultas Seni menusuk dua orang dari fakultas Teknik.
Me- + taruh : menaruh
Mukhlis menaruh buku itu di meja dosen.
 
  4. Me- menjadi meng-, jika huruf pertama kata dasar adalah huruf vocal, k, g, h.
Contoh:
Me- + kupas : mengupas
Saya mengupas mangga di rumah tante saya.
Me- + kantuk : mengantuk
Ikhsan mengantuk ketika pelajaran sedang berlangsung.
Me- + garuk : menggaruk
Oja menggaruk punggungnya yang gatal.
Me- + ganggu : mengganggu
Muzanu menggangu Try yang sedang shalat.
Me- + hilang : menghilang
Buku yang saya pakai untuk belajar, tiba-tiba menghilang di meja saya.
Me- + hantam : menghantam
Kedua fakultas itu saling menghantam.
 
  5. Me- menjadi menge-, jika kata dasar hanya satu suku kata.
Contoh :
Me- + cat : mengecat
Saya mengecat dinding rumah saya yang sudah kotor.
Me- + tes : mengetes
Para dosen mengetes calon mahasiswa baru.
 
  6. Me- menjadi meny-, jika huruf pertama adalah s.
Contoh:
Me- + suruh : menyuruh
Ibu saya menyuruh saya untuk membeli minyak di toko.
Me- + susul : menyusul
Saya menyusul teman-teman yang ingin pergi ke perpustakaan.
 
  7. Luluh, jika huruf pertama kata dasar adalah k, p, t, atau s.
Contoh:
Me- + kontrol : mengontrol
Guru mengontrol para murid yang nakal.
Me- + kirim : mengirim
Saya mengirim barang melalui tiki.
Me- + potong : memotong
Saya memotong mangga untuk dimakan bersama keluarga.
Me- + pantau : memantau
Bagus memantau dosen yang sedang berjalan menuju kelas.
Me- + tulis : menulis
Para ulama bersusah payah menulis buku-buku yang berkaitan dengan Islam.
Me- + tata : menata
Para wanita menata rambut mereka dengan sangat indah.
Me- + suka + I : menyukai
Sudah kodrat para lelaki untuk menyukai para wanita.
Me- + santap : menyantap
Saya menyantap makanan pagi dengan ceria.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar