Kamis, 08 November 2012

M. FATHUR RAHMAN K. (1252132042) Makalah


TUGAS MAKALAH
BAHASA INDONESIA
LUGAS DAN JELAS



DI SUSUN OLEH :
                                                  NAMA        : M. FATHUR RAHMAN K.
                                                  NIM            : 1252132042
                                                  KELAS        : B
                                                  PRODI        : BUSINESS ENGLISH
                                                  FAKULTAS : BAHASA DAN SASTRA


UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
TAHUN AKADEMIK 2012/2013

KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “LUGAS DAN JELAS” tepat pada waktunya.
Makalah ini membahas tentang definisi, fungsi, serta pentingnya sifat lugas dan jelas dalam Bahasa Indonesia.
Dengan adanya makalah ini, penulis mengharapkan pembaca dapat mendapatkan pengetahuan yang lebin tentang kalimat yang lugas dan jelas. Mengingat sekarang ini orang-orang sudah tidak memperhatikan kelugasan dan kejelasan suatu kalimat.
Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak sangat penulis harapkan demin kesempurnaan makalah ini.
Terima Kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Makassar, Oktober 2012
Penulis

M. Fathur Rahman K.



DAFTAR ISI
Kata Pengantar............................................................................................................... i
Daftar Isi......................................................................................................................... ii
Bab I Pendahuluan.......................................................................................................... 1
A.      Latar Belakang................................................................................................ 1
B.      Rumusan Masalah........................................................................................... 1
Bab II Pembahasan......................................................................................................... 2
Bab III Penutup................................................................................................................ 5
Daftar Pustaka................................................................................................................ 6

BAB I
PENDAHULUAN
A.        LATAR BELAKANG
Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang digunakan dalam menulis karya ilmiah. Karya ilmiah merupakan tulisan yang memiliki tujuan dan khalayak sasaran yang jelas. Maka dari itu, dalam penulisan karya ilmiah banyak hal yang perlu diperhatkan. Salah saatunya adalah kelugasan dan kejelasan kalimat pada karya ilmiah tersebut.
Penulisan yang lugas dan jelas merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam menulis suatu karya ilmiah. Dengan penulisan yang lugas dan jelas maka pembaca dapat memahami apa isi tulisan yang kita buat sehingga, makna dari tulisan kita bisa tersampaikan kepada pembaca.
Namun, kita menyadari dewasa ini masyarakat sudah tidak memperhatikan kelugasan maupun kejelasan tulisan yang mereka buat. Sehingga isi tulisan yang dibuat tidak dapat dipahami sepenuhnya dan makna dari tulisan tersebut tidak tersampaikan. Mengapa terjadi hal seperti itu?. Hal seperti itu terjadi karena masyarakat tidak tau apa yang dimaksud dengan lugas dan jelas, serta mereka tidak tau apa tujuan dari menulis dengan kalimat yang lugas dan jelas. Apakah kalimat yang lugas dan jelas sudah tidak diperlukan dalam Bahasa Indonesia?
B.        RUMUSAN MASALAH
1.    Apakah pengertian lugas dan jelas?
2.    Apakah tujuan penulisan secara lugas dan jelas?

BAB II
PEMBAHASAN
A.        PENGERTIAN LUGAS DAN JELAS
Lugas berarti tidak menimbulkan tafsir ganda. Maksudnya kalimat tersebut hanya memiliki satu makna sehingga kalimat tersebut tidak membuat kesalahan tafsir. Sedangkan, jelas berarti bahasa yang digunakan memperlihatkan secara jelas unsur-unsur kalimatnya, seperti subjek, predikat, objek dan keterangan. Maksudnya dalam kalimat harus terlihat bagian mana yang merupakan subjek, bagian mana yang merupakan predikat, objek, maupun keterangan (jika ada). Sehingga setiap kalimat yang terdapat dalam karya ilmiah itu memenuhi persyaratan kaidah tata bahasa. Jadi, lugas dan jelas artinya, kata dan kalimat yang digunakan sederhana, tanpa basa-basi, tidak mengandung makna ganda, dan tidak memberi kemungkinan salah tafsir. (Iskandaria:2010).
“Sifat lugas dan jelas dimaknai bahwa bahasa Indonesia mampu menyampaikan gagasan ilmiah secara jelas dan tepat. Untuk itu, setiap gagasan diungkapkan secara langsung sehingga makna yang ditimbulkan adalah makna lugas. Pemaparan bahasa Indonesia yang lugas akan menghindari kesalahpahaman dan kesalahan menafsirkan isi kalimat. Penulisan yang bernada sastra pun perlu dihindari. Gagasan akan mudah dipahami apabila dituangkan dalam bahasa yang jelas dan hubungan antara gagasan yang satu dengan yang lain juga jelas. Kalimat yang tidak jelas umumnya akan muncul pada kalimat yang sangat panjang.” (Jahrir:2012)

Perhatian contoh kalimat lugas berikut ini!
Para pendidik yang kadangkala atau bahkan sering kena getahnya oleh ulah sebagian, anak-anak mempunyai tugas yang tidak bisa dikatakan ringan.
Kalimat tersebut bermakna tidak lugas. Hal itu bisa diliat pada pilihan kata kena getahnya dan tidak bisa dikatakan ringan. Kedua ungkapan tersebut dapat diganti terkena akibat dan berat yang memiliki makna langsung sehingga kalimat tadi menjadi seperti kalimat berikut. (Basuki:2010)
Para pendidik yang kadang-kadang atau bahkan sering terkena akibat ulah sebagian anak-anak mempunyai tugas yang berat.
Perhatikan contoh kalimat yang kurang jelas berikut ini!
Penanaman  moral di sekolah  sebenarnya  merupakan kelanjutan dari penanaman moral di rumah yang dilakukan melalui mata pelajaran Pendidikan Moral Paneasila yang merupakan mata pelajaran paling strategis karena langsung menyangkut tentang moral Paneasila, juga diintegrasikan ke dalam mata pelajaran-mata pelajaran Agama, IPS, Sejarah, PSPB, dan Kesenian.
Kalimat tersebut tidak mengungkapkan gagasan secara jelas karena kalimat tersebut terlalu panjang. Kalimat yang terlalu panjang menyebabkan hubungan antar gagasan yang ingin disampaikan menjadi kabur. Subjek, Okjek, Predikat dan Keterangan pun tidak jelas.
Perhatikan kalimat berikut ini!
Penanaman moral di sekolah sebenarnya  merupakan kelanjutan dari penanaman  moral di rumah. Penanaman  moral di Sekolah  dilaksanakan melalui mata pelajaran Pendidikan Moral Paneasila yang merupakan mata pelajaran paling strategis karena langsung menyangkut tentang moral Pancasila. Di samping itu, penanaman moral Pancasila juga diintegrasikan ke dalam mata pelajararan-mata pelajaran Agama, IPS, Sejarah, PSPB, dan Kesenian.
Pada contoh tersebut, kalimat-kalimatnya pendek sehingga mampu mengungkapkan kalimat secara jelas. Hal ini tidak berarti dalam menulis artikel ilmiah tidak dibenarkan membuat kalimat panjang. Kalimat panjang boleh digunakan asalkan penulis cermat dalam menyusun kalimat sehingga hubungan antargagasan menjadi jelas. (Basuki:2010)
B.      TUJUAN PENULISAN SECARA LUGAS DAN JELAS
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, dalam penulisan karya ilmiah haruslah lugas dan jelas. Secara umum tujuan penulisan secara lugas dan jelas adalah
1.    Menyampaikan isi kalimat secara jelas ke pembaca.
2.    Menyampaikan tujuan penulis yang sesungguhnya kepada pembaca.
3.    Membuat pembaca tidak salah tafsir terhadap sebuah kalimat.

BAB III
PENUTUP
A.        KESIMPULAN
Dalam penulisan karya ilmiah salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah penulisan kalimat yang lugas dan jelas. Dengan kalimat yang lugas dan jelas maka pembaca tidak akan mengalami salah tafsir terhadap kalimat yang dibuat dan isi dari tulisan tersebut dapat tersampaikan kepada pembaca, sehingga tujuan penulis dapat tersampaikan ke pembaca.
B.        SARAN
Berdasarkan materi yang dibahas penulis yaitu “LUGAS DAN JELAS”, penulis ingin memberikan saran antara lain:
1.    Sebaiknya kita perlu banyak berlatih dalam menulis agar dapat menambah pengetahuan tentang tata cara menulis yang benar terutama tata cara menulis yang lugas dan jelas.

DAFTAR PUSTAKA

Basuki, Imam Agus. 2010. “Bahasa Indonesia Artikel Ilmiah” http://daudp65.byethost4.com/mki/mki1.html. Diakses 2 Oktober 2012

 

Iskandaria. 2010.Pengertian Lugas dan Jelas dalam Ragam Bahasa Ilmiah” http://kafegue.com/pengertian-lugas-dan-jelas-dalam-ragam-bahasa-ilmiah/. Diakses 29 September 2012

 

Jahrir, Andi Sahtiani. 2012. Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Bahasa Indonesia. Skripsi. Universitas Negeri Makassar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar