Jumat, 16 November 2012

ANDI NURUL QOLBY


Pembentukan dengan awalan me-, memiliki aturan sebagai berikut:

1.      1.  Tetap,jika huruf pertama kata dasar adalah l,m,n,q,r  atau w.  Contoh:
  • ·         L:      : me + leleh = Lilin itu meleleh .
                 : me + lihat  = Ilham melihat bintang jatuh di angkasa .
  • ·         M     : me + minum  = Segeralah kamu meminum obat itu zahwa.
     : me + miliki= Intan memiliki pacar baru yaitu kak ali .
  • ·         N      : me + nyanyi = Zahwa mengikuti lomba menyanyi antar desa .
                             : me + nikah  = Minggu depan Ami akan segera menikah dengan Mozan .
  • ·                : me + q           = -----
  • ·         W     : me  + warnai    = Achyl gemar mewarnai .
                 : me  + wakili      = Lia mewakili saya ke pesta pernikahan teman kami

2.      2.  me →mem-,jika huruf pertama kata dasar adalah b,f,p atau v. Contoh:
  • ·         B     : mem + bantu  = Zahwa membantu ibunya membuat  kue .
                 : mem + baik     =  setelah di oprasi kini kondisi Lia mulai membaik .
  • ·         F      : mem + fitnah  = Amhy selalu saja memfitnah saudari intan
                 : mem + faktorkan = dia memfaktorkan angka-angka tersebut
  • ·         P : memilih  = Zahwa lebih memilih enal daripada adit .
 : mematuhi = sebaga anak kita harus mematuhi orang tua .
  • ·         V : mem + variasi  = anak itu hebat memvariasikan koleksi motornya
                        : mem + vaksin = ayahku memvaksin hewan peliharaannya setiap minggu
                                                               
3.      3.  me →men-,jika huruf pertama kata dasar adalah c,d,j, atau t. Contoh:
  • ·         C : men + cuci       = Zahwa dan Intan tidak pernah mencuci pakaiannya .
            : men + cintai    = Qolby sangat mencintai kedua orang tuanya .
  • ·         D : men + dampingi = suami harus selalu mendampingi istrinya .
                        : men + doakan   = Mama selalu mendoakan saya agar menjadi anak yang sholeh .
  • ·         J   : men + jual        = Mahasiswa seni menjual ganja di campus .
                         : men + jodohkan = saya akan menjodohkan anak saya degan anak teman saya
  • ·         : men ari              = adik saya sangat suka menari
                : men ambah     = kakak adit menambah semangat hidup wawa

4.      4.  me →meng-,jika huruf pertama kata dasar adalah huruf vokal,k,g,h. Contoh:
  • ·         K : mengendarai   =  Intan belajar mengendarai motor bersama Zahwa.
                           : mengerjakan   = saya selau mengerjakan tugas saya sendirian
  • ·         G  : meng + gila     = Intan menggila karna ditinggal pacarnya .
                : meng + gambar = saya mengikuti lomba menggambar di sekolah
  • ·         : meng + hargai = saya sangat menghargai keputusanmu pergi dariku .
                : meng + hormati = sebagai junior saya menghormati senior .

5.      5.  memenge-,jika kata dasar hanya satu suku kata. Contoh:
  • ·         menge  + cat      = Intan dan Zahwa dihukum untuk mengecat Campus .
  • ·         menge  + tik       = saya mengetik tugas saya kemarin
6.      6.  memeny-,jika huruf pertama adalah s.  Contoh :
  • ·         menyayangi         = Annov sangat menyayangi Qolby .
  • ·         menyukai            =  Fatwa menyukai fathur sejak awal bertemu .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar