Rabu, 07 November 2012

NUR RAHMI (1252132065)

Text Box: NAMA : NUR RAHMI
KELAAS : B / BUSINESS ENGLISH
NIM  :1252132065
 


Tugas bahasa  Indonesia
1.     Tetap, jika huruf pertama kata dasar  adalahl, m, n, q, r atau w.
Contoh :
a)     Pada huruf  ( l )
me- + lamar menjadi  melamar
me- + lantik menjadi melantik
Laki – laki itu akan melamar gadis pujaanya bulan depan.
b)    Pada huruf  ( m )
 me-+ mamak menjadi memamak
 me-+ mangsa menjadi memangsa
Saya suka memasak kue.
c)     Pada huruf  ( n )
 me-+ nikah  menjaadi menikah
me- + narik  menjadi menarik
Gadis cantik itu menarik perhatian para lelaki.
d)    Pada huruf ( q )
me-+ qabul menjadi mengabul
 me-+ qurban + kan menjadi mengurbankan
 Pak Ahmad mengurbankan sapinya di Idul Adha


e)     Pada huruf  ( r )
me- + rusak menjadi merusak
 me-+ rebus  menjadi merebus
 Keponakan saya merusak mainan adiknya.
f)      Pada huruf  ( w )
me- + wangi  menjadi mewangi
 me-+ wabah menjadi mewabah
Penyakit demam berdarah mulai mewabah di kota ini.
2.     me- menjadi mem-,jika huruf pertama kata dasar adalah b , f, p, atau v.
a)     Pada huruf ( b )
me- +bangun menjadi membangun
me-+ balut  menjadi membalut
 Dokter itu membalut luka pasiennya.
b)    Pada hutuf  ( f )
 me-+ fasakh menjadi memfasakh
 me-+ fatwa + kan menjadi memfatwakan
vPara ulama menfatwakan tentang larangan meninggalkan shalat.
c)     Pada huruf  ( p )
 me-+ paut mejadi memaut
me-+ pecah menjadi memecah
Anak – anak nakal itu memecah kaca jendelah rumah saya.
d)    Pada huruf  ( v )
 me-+ veto menjadi memveto
me-+voting menjadi memvoting
Setelah pemilu diadakan, panatia pemilu siap untuk memvoting pungutan suara.
3.     me- menjadi men-, jika huruf pertama kata dasar adalah c, d, j, atau t.
a)     Pada huruf  ( c )
me- + cabut menjadi mencabut
me-+ cari menjadi mencari
Rani mencari sandalnya yang hilang di mesjid.
b)    Pada huruf  ( d )
me-+ daftar menjadi mendaftar
Saya mendaftar beasiswa untuk lanjut ke Austrilia
c)     Pada huruf( j )
me-+  jemur menjadi menjemur
me-+ jamu menjadi menjamu
 Ani menjemur pakaian yang telah dicucinya.
d)    Pada huruf  ( t )
me- +  tabrak  menjadi menabrak
me-+ tolong menjadi menolong
saya menolong orang yang terjatuh di tangga
4.     me-menjadi meng-, jika huruf pertama kata dasar adalah huruf vokal, k, g, h.
a)     Pada huruf  ( k )
me-+ khayal menjadi mengkhayal
 me-+ kacau menjadi mengacau
para preman itu mengacau di pasar dekat rumah saya.
b)    Pada huruf ( g )
me-+ gambar menjadi menggambar
 me-+ goreng  menjadi menggoreng
 Ibu saya menggoreng ayam yang dia beli di supermarket.
c)     Pada huruf ( h )
me-+ hasut menjaadi menghasut
me-+ hirup menjadi menghirup
Islam mengajarkan untuk tidak saling menghasut.
5.     me- menjadi menge-jika kata dasar hanya satu suku kata.
Contoh : me- + cat menjadi mengcat
               me-+ erat + kan menjadi mengeratkan
    Tetangga saya mengecat rumahnya agar terlihat lebih     cantik.
              
6.     me-menjadi  meny-, jika huruf pertama adalah s.
Contoh : me-+ sesal menjadi menyesal
               me-+ sekap menjadi menyekap
               saya sangat menyesal atas sikap saya kepadanya.
              
7.     me- + k, p, t atau s akan luluh jika bertemu dengan huruf vokal.
a)     Pada huruf  ( k )
me-+ kayuh menjadi mengayuh
me-+ karang menjadi mengarang
Adi mengayuh sepedanya dengan cepat.
b)    Pada huruf  ( p )
me-+ putar menjadi memutar
me- + pungut menjadi memungut
Saya memungut sampah yang berserakan dekat rumah saya.
c)     Pada huruf  ( t )
 me- + tahan mejadi menahan
me- + tanam menjadi menanam
Saya menanam bunga di halaman rumah saya.
d)    Pada huruf  ( s )
me- + sambung menjadi menyambung
 me- + sebut  menjadi menyebut
 saya berkunjung ke rumah sepupuku untuk menyambung tali silaturahim.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar