Jumat, 04 Januari 2013

Tugas Makalah Berpidato (Nurul Hijraningsih)

TUGAS MAKALAH
BAHASA INDONESIA
“BERPIDATO”




 




















DI SUSUN OLEH :


                                                  NAMA          : NURUL HIJRANINGSIH
                                                  NIM              : 1252132070
                                                  KELAS         : B
                                                  PRODI          : BUSINESS ENGLISH
                                                  FAKULTAS   : BAHASA DAN SASTRA



UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
TAHUN AKADEMIK 2012/2013








KATA PENGANTAR
 Puji syukur penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “BERPIDATO” pada waktunya.
Makalah ini akan membahas tentang pengertian pidato,macam-macam pidato,  peranan pidato, perlakuan pidato dan perbedaan pidato dalam Bahasa Indonesia.
Dengan adanya makalah ini, penulis mengharapkan pembaca dapat mendapatkan pengetahuan yang lebin tentang bagaimana cara berpidato yang benar. Mengingat sekarang ini orang-orang tidak memperhatikan bagaimana cara berpidato yang baik dan benar.
Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak sangat penulis harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Terima Kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Makassar, 10 Desember 2012
Penulis

Nurul Hijraningsih


 
DAFTAR ISI

Kata Pengantar............................................................................................................... i
Daftar Isi......................................................................................................................... ii
Bab I Pendahuluan.......................................................................................................... 1
                A.      Latar Belakang............................................................................................ 1
                B.      Rumusan Masalah...................................................................................... 1
Bab II Pembahasan........................................................................................................ 2
Bab III Penutup............................................................................................................... 5
Daftar Pustaka............................................................................................................... 6


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar  Belakang
                Di era globalisasi saat ini kemampuan untuk berbicara sangat dibutuhkan baik berbicara dalam konteks resmi maupun tidak resmi, karena seseorang mampu menyampaikan apa yang dikehendakinya melalui bicara. Kemampuan seseorang untuk berbicara biasanya tidak sama tergantung bagaimana orang tersebut mampu berfikir secara kritis dalam menghasilkan kata-kata sehingga masih banyak orang yang sulit untuk berbicara di depan umum dalam menyampaikan sesuatu.
Hal ini disebabkan oleh kefasihan seseorang dalam berbicara dan memilih kata-kata untuk diungkapkan. Sehingga banyak orang yang ketika berbicara sangat sulit dimengerti. Karena kurangnya pemahaman dan latihan. Sehingga ketika seseorang diutus untuk berbicara di depan umum, hanya ada sebagian yang berani tampil, di karenakan kurangnya pemahaman bagaimana berbicara dengan baik.
B.  Rumusan Masalah
1.Apa pengertian dari pidato?
2. Apa tujuan dari pidato ?
3.Jenis-jenis pidato ?


BAB II
PEMBAHASAN
A.   Pengertian Pidato
Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato yaitu pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan sebagainya. (Afandi:2012).
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik / umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik. (Afandi:2012)
“Peranan pidato dalam menyampaikan ide/informasi secara lisan kepada kelompok massa merupakan aktivitas yang sangat penting, baik pada masa lalu maupun pada masa mendatang. Seseorang yang sudah mahir berbicara di depan umum akan dengan mudah menguasai massa dan menawarkan ide-idenya agar dapat diterima orang lain.” (Jahrir:2012)
“Presiden pertama RI, Soekarno, dengan kemahirannya berpidato mampu menarik minat pendengar dalam jumlah yang luar biasa besarnya. Dengan kepintarannya, beliau sanggup mempersatukan orang Indonesia yang beraneka ragam budaya, suku, dan agama. Lebih dari itu, beliau sanggup menghimpun kekuatan yang mahadahsyat untuk mengusir penjajah dari bumi Nusantara.” (Jahrir:2012)

B.   Tujuan Pidato
Pidato umumnya melakukan satu atau beberapa hal berikut :
1. Mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti kemauan kita dengan suka rela.
2. Memberi suatu pemahaman atau informasi kepada orang lain.
3. Membuat orang lain senang dengan pidato yang menghibur sehingga orang lain senang dan puas dengan ucapan yang kita sampaikan.(Afandi:2012)
C.   Jenis-Jenis Pidato
Berdasarkan pada sifat dari isi pidato, pidato dapat dibedakan menjadi :
1. Pidato Pembukaan, adalah pidato singkat yang dibawakan oleh pembaca acara atau mc.
2. Pidato Pengarahan adalah pidato untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.
3. Pidato Sambutan, yaitu merupakan pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan  atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan  oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
4. Pidato Peresmian, adalah pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.
5. Pidato Laporan, yakni pidato yang isinya adalah melaporkan suatu tugas atau kegiatan.
6. Pidato Pertanggungjawaban, adalah pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban.(Afandi:2012).
Terdapat 4 macam metode pidato yaitu :
1.      Metode Improptu (serta-merta) :
Metode penyajian berdasarkan kebutuhan sesaat. Kesanggupan penyajian lisan menurut cara ini sangat berguna dalam keadaan darurat,tetapi kegunaannya terbatas pada kesempatan yang tidak terduga itu saja. (Hepi:2011)
2.      Metode Menghafal :
Penyajian lisan yang dibawakan dengan metode ini tidak saja direncanakan, tetai ditulis secara lengkap kemudian dihafal kata demi kata. Cara ini juga dapat menyulitkan pembicara untuk menyesuaikan dirinya dengan situasi dan reaksi pendengar selagi menyajikan gagasannya. (Hepi:2011)
3.      Metode Naskah :
Sifatnya masih kaku,karena tidak mengadakan latihan yang cukup, maka pembicara seolah-olah menimbulkan suatu tirai antara dia dengan pendengar. Kekurangan metode ini dapat diperkecil dengan latihan-latihan yang lebih intensif. (Hepi:2011)
4.      Metode Ekstemporan ( tanpa persiapan naskah) :
Metode ini dianjurkan karena dapat meruakan jalan tengah. Kadang-kadang disipakan konsep naskah bila pembicara berusaha bersungguh-sunguh untuk menjawab semua pertanyaan. (Hepi:2011) 


BAB III
PENUTUP
A.        Kesimpulan
Pidato merupakan suatu teknik berbicara secara sistematis yang digunakan untuk menyampaikan pesan kepada orang lain baik dengan atau tanpa naskah. Cara berpidato yang baik yaitu dengan menguasai diri,materi dan situasi yang ada disekitar kita. Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut.   Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik.
B. Saran
Jadi saran saya, untuk menyajikan pidato dengan baik maka si penyaji harus mempunyai maksud dan tujuan dari sebuah komposisi lisan tergantung dari keadaan dan apa yang di kehendaki oleh pembicara . Maksud dan tujuan tersebut dapat dibedakan atas maksud umum dan maksud khusus .

DAFTAR PUSTAKA

 

Afandi. 2012 “Pengertian Pidato, Tujuan, Sifat, Metode Pidato”
http://smpn1-terbukakandanghaur.sch.id/ Diakses pada 9 Desember 2012

Hepi. 2011.”Makalah tentang pidato”

Jahrir, Andi Sahtiani. 2012. Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Bahasa Indonesia. Skripsi. Universitas Negeri Makassar.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar