Jumat, 04 Januari 2013

MAKALAH DWI PUTRI INDIRA (1252132059)


TUGAS INDIVIDU
KEDUDUKAN DAN FUNGSI BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA NASIONAL


Logo U N M.png
 







NAMA : DWI PUTRI INDIRA
NIM : 1252132059
JURUSAN/KELAS : BUSSINES ENGLISH/B
FAKULTAS : BAHASA DAN SASTRA






UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2012
KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah swt yang atas rahmat Nya maka saya dapat menyelesaikan makalah tugas individu dari pelajaran bahasa Indonesia.
Dalam penulisan makalah ini saya merasa masih banyak kekurangan baik pada tekhnis penulisan maupun maupun materi,mengingat akan kemampuan yang saya miliki. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat saya harapkan demi penyempurna pembuatan makalah ini.
Dalam pembuatan makalah  ini saya menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhinggah kepada pihak-pihak yang membantu dalam menyelasaikan tugas ini.
Akhirnya saya berharap semoga Allah memberikan imbalan yang setimpal pada mereka yang telah memberikan bantuan,dan dapat menjadikan semua bantuan ini sebagai ibadah .Amin ya rabbal alamin.
Makassar , 3 Januari 2013


Penulis
Dwi Putri Indira
DAFTAR ISI

SAMPUL ………………………………………………………………………………………………………………………………………………
KATA PENGANTAR ………………………………………………………………………………………………………………………………  i
DAFTAR ISI ………………………………………………………………………………………………………………………………………….  ii
BAB I PENDAHULUAN…………………………………………………………………………………………………………………………… 1
                A.Latar Belakang …………………………………………………………………………………………………………………….. 1
                B.Rumusan Masalah ………………………………………………………………………………………………………………. 2
BAB II PEMBAHASAN ………………………………………………………………………………………………………………………….. 3
BAB III PENUTUP…..…………………………………………………………………………………………………………………………….. 8
                A.Kesimpulan ……………………………………………………………………………………………………………………….   8
                B.Saran …………………………………………………………………………………………………………………………………. 8
DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………………………………………………………………………….. 9



BAB I
PENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG
Bahasa Indonesia mempunyai kedudukan yang sangat penting, seperti tercantum pada ikrar ketiga Sumpah Pemuda yang berbunyi Kami Putra dan Putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan , bahasa Indonesia. Ini berarti bahwa bahasa Indonesia berkedudukan sebagai  bahasa nasional ; kedudukannya berada diatas bahasa – bahasa daerah. Selain itu , didalam undang – undang dasar 1945 tercantum pasal pasal 36 mengenai kedudukan bahasa Indonesia yang menyatakan bahwa bahasa Negara ialah bahasa Indonesia. Pertama, bahasa Indonesia berkedudukan sebagai bahasa nasional sesuai dengan sumpah pemuda 1928; kedua, bahasa Indonesia berkedudukan sebagai bahasa Negara sesuai dengan undang – undang dasar 1945. (Ali.2012)
Di dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia berfungsi sebagai (1) Lambang kebanggaan kebangsaan, (2) lambang identitas nasional, (3) alat perhubungan antar warga, antar daerah, dan antar budaya,dan (4) alat yang memungkinkan penyatuan berbagai – bagai suku bangsa dengan latar belakang social budaya dan bahasanya masing – masing kedalam kesatuan kebangsaan Indonesia. (Dyfha.)
Sebagai lambang identitas nasional, bahasa Indonesia kita junjung disamping bendera dan lambang Negara kita. Di dalam melaksanakan fungsi ini bahasa Indonesia tentulah harus memiliki identitasnya sendiri pula sehingga ia serasi dengan lambang kebangsaan kita yang lain. Bahasa Indonesia dapat memiliki identitasnya hanya apabila masyarakat pemakainya membina dan mengembangkannya sedemikian rupa sehingga bersih dari unsur – unsur bahasa lain.
Didalam kedudukannya sebagai bahasa Negara, bahasa Indonesia berfungsi sebagai (1) bahasa resmi kenegaraan , (2) bahasa pengantar didalm dunia pendidikan, (3) alat perhubungan pada tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, dan (4) alat pengembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi. (Ali.2012)



B.RUMUSAN MASALAH
1. Bagaimana  Kedudukan dan fungsi  bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional di ikrarkan pada 28 oktober 1928 yaitu hari “Sumpah Pemuda” ?
2. Bagaimana Hasil perumusan seminar politik bahasa Nasional yang diselenggarakan di jakarta pada tangal 25 s.d. 28 Februari 1975 dikemukakan berdasarkan Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara ?















BAB II
PEMBAHASAN
A. Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional
            Bahasa Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara juga memiliki kedudukan yang sangat penting demi pemersatu bangsa sebagai bahasa nasional. Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dimulai saat dicetuskanya Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober1928.
Dalam kaitanya sebagai bahasa nasional bahasa Indonesia memiliki fungsi yang sangat penting yaitu :
1.Lambang identitas Nasional.
Sebagai lambang kebanggaan nasional, bahasa Indonesia ‘memancarkan’ nilai-nilai sosial budaya luhur bangsa Indonesia. Dengan keluhuran nilai yang dicerminkan bangsa Indonesia, kita harus bangga dengannya; kita harus menjunjungnya; dan kita harus mempertahankannya. Sebagai wujud kebanggaan kita terhadap bahasa Indonesia, kita harus memakainya tanpa ada rasa rendah diri, malu, maupun acuh tak acuh dalam kebanggan kita terhadap Indonesia. (Pahlephi.2011).
2. Lambang kebanggaan kebangsaan.
Sebagai lambang identitas nasional, bahasa Indonesia merupakan ‘lambang’ bangsa Indonesia. Ini beratri, dengan bahasa Indonesia akan dapat diketahui siapa kita, yaitu sifat, perangai, dan watak kita sebagai bangsa Indonesia. Karena fungsinya yang demikian itu, maka kita harus menjaganya jangan sampai ciri kepribadian kita tidak tercermin di dalamnya. Jangan sampai bahasa Indonesia tidak menunjukkan gambaran bangsa Indonesia yang sebenarnya. (Pahlephi.2011).

3. Bahasa indonesia sebagai alat komunikasi.
Memungkinkan masyarakat Indonesia yang beragam latar belakang sosial budaya dan berbeda-beda bahasanya dapat menyatu dan bersatu dalam kebangsaan, cita-cita, dan rasa nasib yang sama. Dengan bahasa Indonesia, bangsa Indonesia merasa aman dan serasi hidupnya, sebab mereka tidak merasa bersaing dan tidak merasa lagi ‘dijajah’ oleh masyarakat suku lain. Apalagi dengan adanya kenyataan bahwa dengan menggunakan bahasa Indonesia, identitas suku dan nilai-nilai sosial budaya daerah masih tercermin dalam bahasa daerah masing-masing. Kedudukan dan fungsi bahasa daerah masih tegar dan tidak bergoyah sedikit pun. Bahkan, bahasa daerah diharapkan dapat memperkaya khazanah bahasa Indonesia. (Pahlephi.2011).

4. Alat pemersatu bangsa yang berbeda suku,agama,ras,adat istiadat dan Budaya.
Bahasa Indonesia sering kita rasakan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Bayangkan saja apabila kita ingin berkomunikasi dengan seseorang yang berasal dari suku lain yang berlatar belakang bahasa berbeda, mungkinkah kita dapat bertukar pikiran dan saling memberikan informasi? Bagaimana cara kita seandainya kita tersesat jalan di daerah yang masyarakatnya tidak mengenal bahasa Indonesia? Bahasa Indonesialah yang dapat menanggulangi semuanya itu. Dengan bahasa Indonesia kita dapat saling berhubungan untuk segala aspek kehidupan. Bagi pemerintah, segala kebijakan dan strategi yang berhubungan dengan ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan kemanan (disingkat: ipoleksosbudhankam) mudah diinformasikan kepada warganya. Akhirnya, apabila arus informasi antarkita meningkat berarti akan mempercepat peningkatan pengetahuan kita. Apabila pengetahuan kita meningkat berarti tujuan pembangunan akan cepat tercapai. (Pahlephi.2011).

B.Perumusan Hasil Seminar Politik Sebagai Bahasa Nasional
Selain sebagai bahasa Nasional, bahasa Indonesia juga memiliki kedudukan lain yaitu sebagai bahasa Negara seperti tercantum dalam UUD 1945.
dalam kedudukannya sebagai bahasa negara, bahasa Indonesia memiliki fungsi sebagai berikut :

1. Sebagai bahasa resmi kenegaraan.
Bukti bahwa bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kenegaraan adalah digunakannya bahasa Indonesia dalam naskah proklamasi kemerdekaan RI 1945. Mulai saat itu bahasa Indonesia digunakan dalam segala upacara baik formal maupun nonfromal, peristiwa serta kegiatan kenegaraan. (Pahlephi.2011).

2. Sebagai alat pengantar dalam dunia pendidikan.
Bahasa Indonesia dipakai sebagai bahasa pengantar di lembaga-lembaga pendidikan mulai dari taman kanak-kanak sampai dengan perguruan tinggi. Untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar, materi pelajaran ynag berbentuk media cetak hendaknya juga berbahasa Indonesia. Hal ini dapat dilakukan dengan menerjemahkan buku-buku yang berbahasa asing. Apabila hal ini dilakukan, sangat membantu peningkatan perkembangan bahasa Indonesia sebagai bahasa ilmu pengetahuan dan teknolologi (iptek). (Pahlephi.2011).

3. Sebagai penghubung pada tingkat Nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemerintah.
Bahasa Indonesia dipakai dalam hubungan antarbadan pemerintah dan penyebarluasan informasi kepada masyarakat. Sehubungan dengan itu hendaknya diadakan penyeragaman sistem administrasi dan mutu media komunikasi massa. Tujuan penyeragaman dan peningkatan mutu tersebut agar isi atau pesan yang disampaikan dapat dengan cepat dan tepat diterima oleh masyarakat. (Pahlephi.2011).

4. Sebagai pengembangan kebudayaan Nasional, Ilmu dan Teknologi.
Kedudukan keempat dari Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dibuktikan dengan penyebaran ilmu pengetahuan dan teknologi, baik melalui buku-buku pelajaran, buku-buku populer, majalah-majalah ilmiah maupun media cetak lainnya. Karena sangatlah tidak mungkin bila suatu buku yang menjelaskan tentang suatu kebudayaan daerah, ditulis dengan menggunakan bahasa daerah itu sendiri, dan menyebabkan orang lain belum tentu akan mengerti. (Pahlephi.2011).

BAB III
PENUTUP
A.KESIMPULAN

1.      Perbedaan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional dan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Negara/Resmi bias terlihat dari ujudnya,proses terbentuknya dan dari segi fungsinya.
2.      Penggunaan bahasa Indonesia sebagai penghubung antarsuku, karena warga yang berbangsa Indonesia yang menetap di wilayah Indonesia; sedangkan seseorang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi, karena  sebagai warga negara Indonesia yang menjalankan tugas-tugas ‘pembangunan’ Indonesia.

B.SARAN

1.      Kita harus dapat memahami kedudukan dan fungsi bahasa indonesia
2.      Penggunaan bahasa Indonesia yang sesuai dengan kedudukan dan fungsinya

DAFTAR PUSTAKA
               
Ansar,Ali.2012.Kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia.http://minfoterbaik.blogspot.com2012/06Fungsi-bahasa Indonesia.html.03/10/2012.
Fredy Purbaya,Dhyfha.2012.Fungsi Dan Peran Bahasa Indonesia Dalam Era Globalisasi.http//fredypurbadhyfha.wordpress.com/2012/04/24fungsi-dan-peran-bahasa-indonesia-dalam-era-globalisasi.03/10/2012.
Muhammad Reza,Pahlephi.2011.Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Negara & Bahasa Nasional.http://ejhapahlevi.blogspot.com/2012/11/23/kedudukan-bahasa-Indonesia.html.03.10.2012.




















                                                                             


Tidak ada komentar:

Posting Komentar