Sabtu, 29 Desember 2012

Muhammad Akbar, 105213066 (Tugas Makalah)




Tugas Individual


PENGGUNAAN POWER POINT DAN
MENGHINDARI STRESS DALAM PRESENTASI





Disusun
oleh:


Muhammad Akbar
105213066


FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR






DAFTAR ISI


Sampul                                                   .................................................................................... i
Daftar isi                                                .....................................................................................ii

BAB I PENDAHULUAN                   ..................................................................................... 1

A.LATAR BELAKANG
B.RUMUSAN MASALAH

BAB II PEMBAHASAN                    ..................................................................................... 2

A.CARA PENGGUNAAN POWER POINT DAN MENGHINDARI STRESS DALAM PRESENTASI                                      ...................................................................................... 2
B.TUJUAN PENGGUNAAN POWER POINT DALAM PRESENTASI    ...............................4

BAB III PENUTUP                            ...................................................................................... 5

A.KESIMPULAN
B.SARAN

DAFTAR PUSTAKA                          ....................................................................................... 6









BAB I
PENDAHULUAN


A.LATAR BELAKANG

Presentasi dengan powerpoint dalam dunia kerja maupun dalam dunia pendidikan sangatlah penting.
            Dalam hal ini, yang menjadi suatu pilihan penggunaan powerpoint adalah sebagai media presentasi yang lebih interaktif dan menarik,selain itu pula,presentasi akan lebih mudah dijelaskan.
            Selain itu, hasil presentasi dengan menggunakan media powerpoint juga akan lebih mudah di pahami atau dimengerti oleh pendengar presentasi, karena penjelasan dengan menggunakan powerpoint lebih simpel dan lebih detail dibandingkan dengan presentasi secara manual atau seperti yang saya katakan di atas presentasi dengan membolak balik map kerja, laporan kerja dan lain sebagainya.
Namun, yang perlu dipahami adalah bagaimana cara seseorang mempersiapkan dirinya dengan menghindari stress dalam melakukan presentasi dan stress merupakan salah satu faktor penghambat jalannya proses presentasi.



B.RUMUSAN MASALAH

1.      Bagaimanakah cara penggunaan powerpoint yang baik dan cara menghindari stress saat presentasi ?
2.      Tujuan penggunaan powerpoint saat presentasi ?



BAB II
PEMBAHASAN

A.    Cara Penggunaan Powerpoint dan Menghindari Stress Saat Presentasi

1.      Penggunaan Powerpoint
Dengan kemajuan teknologi, bahan presentasi dapat dikemas lebih menarik dan tidak membosankan. Anda dapat menggunakan bahan presentasi yang sederhana tetapi canggih,menggunakan media powerpoint atau menggunakan bahan presentasi yang lebih interaktif dengan multimedia builder. Tujuan bahan presentasi adalah semata-mata sebagai guiden (panduan) agar materi presentasi tidak keluar dari bahan yang telah kita tetapkan . Seorang presenter yang pandai berbicara seringkali lupa dan lepas dari materi yang seharusnya dipresentasikan dan tidak sesuai dengan alur presentasi yang disiapkan. Oleh karena itu sampaikan bahan yang akan disampaikan dalam media presentasi pokok-pokok pikiran untuk menjaga alur presentasi (biasanya berupa pointer-pointer bahasan). (Jahrir : 2012)

Menggunakan powerpoint presentasi tidak hanya sekadar ‘mempercantik’ tampilan presentasi, namun lebih dari itu, yaitu : mendesain presentasi yang memudahkan audiens menyerap informasi dan tujuan presentasi tercapai. Banyak presenter yang mendesain presentasi sedemikian indahnya, sayangnya desain tersebut hanya enak dilihat tapi sulit dipahami. Sering juga desain presentasi dibuat monoton dan ‘datar-datar’ saja atau hanya melulu berisi teks saja, sehingga audiens menjadi cepat bosan dan mengantuk. (Arman : 2011)
Sebelum mulai mendesain presentasi ada beberapa langkah untuk mendesain presentasi. Pertama tetapkan terlebih dahulu tujuan melakukan presentasi. Tujuan harus jelas dan spesifik. Tujuan ini akan menjadi panduan pada saat membuat desain presentasi. Selanjutnya kenali audiens atau pada siapa presentasi tersebut ditujukan. Dengan lebih mengenal audien akan semakin memudahkan untuk membuat desain presentasi yang sesuai. (Arman : 2011)


Selain itu, dalam penggunaan powerpoint harus menekankan pula pada elemen-elemen prinsip desain presentasi yakni ; Penekanan (emphasis), harmoni, kesatuan, konsistensi, dan keseimbangan. (Arman:2011)
2.      Menghindari stress saat presentasi

Sangat  manusiawi bila seseorang mengalami stress pada saat akan melakukan presentasi. Jangan biarkan stress terus menyertai anda dari awal hingga akhir presentasi.
“Dalam menjelang dan setelah presentasi tentunya ada rasa penasaran yang menghampiri. Rasa penasaran tersebut dapat menjadi gejala stress yang kemungkinan akan dialami saat melakukan presentasi. Tentunya,hal-hal tersebut bisa kita hindari sebelumnya atau pada saat presentasi belum dimulai dengan melakukan suatu persiapan yang bisa mencegah rasa stress". (Suwandi,Andi : 2010)


Persiapan yang baik. Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik sehingga anda tidak perlu mengkhawatirkan hal-hal yang tidak perlu. (Jahrir : 2012)

Warming up. Anda dapat melakukan sedikit warming up untuk menghindari stress akibat tekanan yang terjadi ketika tampil di depan public. Gunakan trik berikut:

      Duduk santai dengan menyandarkan badan pada kursi : Tarik nafas dalam-dalam lewat hidung dan keluarkan lewat mulut. Ulangi beberapa detik sampai anda merasa lega (jangan terlalu lama,karena akan menambah stress bagi anda). (Jahrir : 2012)

      Lemaskan otot-otot leher (biasanya otot leher yang kaku menyebabkan tekanan pada pikiran). Geleng-gelengkan kepala (kalau perlu putar kepala) beberapa kali (ini juga jangan terlalu lama,karena anda akan keringatan). Sambil duduk, goyangkan badan anda kekiri dan kekanan (gerak menengok kebelakang disertai badan) beberapa kali. Terakhir lemaskan pergelangan kaki dengan menggerakkan pergelangan kaki. Selanjunya anda siap berdiri dan menyampaikan materi. (Jahrir : 2012)


B.     Tujuan Penggunaan Powerpoint Saat Presentasi

Presentasi memiliki beberapa tujuan. Tujuan presentasi akan sangat menentukan bagaimana kita akan melakukan dan mendesain presentasi. Tujuan presentasi tersebut adalah sebagai berikut:
1. Menginformasikan: presentasi berisi informasi yang akan disampaikan kepada orang lain. Presentasi semacam ini sebaiknya menyampaikan informasi secara detail dan jelas (clear) sehingga orang dapat menerima informasi dengan baik dan tidak salah presepsi terhadap informasi yang diberikan tersebut.
2. Meyakinkan: presentasi berisi informasi, data, dan bukti-bukti yang disusun secara logis sehingga menyakinkan orang atas suatu topik tertentu. Kondradiksi dan ketidakjelasan informasi dan penyusunan yang tidak logis akan mengurangi keyakinan orang atas presentasi yang diberikan.
3. Membujuk: presentasi yang berisi informasi, data, dan bukti-bukti yang disusun secara logis agar orang mau melakukan suatu aksi/tindakan. Presentasi dapat berisi bujukan, atau rayuan yang disertai dengan bukti-bukti sehingga orang merasa tidak ragu dan yakin untuk melakukan suatu tindakan.
4.  Menginspirasi: presentasi yang berusaha untuk membangkitkan inspirasi orang.
5. Menghibur: presentasi yang berusahan untuk memberi kesenangan pada orang melalui informasi yang diberikan. (Isroi : 2008)





BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Berdasarkan uraian diatas, media powerpoint merupakan bahan presentasi yang sederhana dengan menggunakan bahan presentasi yang lebih interaktif. Namun, dalam presentasi powerpoint sering adanya kendala yakni rasa stress pada saat melakukan presentasi.
B.     SARAN
Sebagai sarana pendukung presentasi, kita harus memanfaatkan powerpoint  sebaik-baiknya sebagai alat bantu visual dalam presentasi oral. Powerpoint dapat pula menjadi media utama penyampaian presentasi, misalnya pada presentasi produk/iklan mini, profil perusahaan, dan presentasi dibidang edukasi.

DAFTAR PUSTAKA

Jahrir.2012. Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Bahasa Indonesia. Makassar: UNM.
Arman. 2011. Penggunaan Powerpoint. Jakarta: Gramedia.
Suwandi, Andi. 2010. Persiapan Menghindari Tekanan Pikiran Dalam Presentasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Isroi. 2008. Presentasi Efektif dengan Menggunakan MS Powerpoint,
http://isroi.wordpress.com/2008/04/03/presentasi-efektif-dengan-ms-power-point/ , diakses tanggal 28 November 2012.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar