Rabu, 26 Desember 2012

Nur Naningsih(1252132043) Makalah Bahasa Indonesia




BAHASA INDONESIA
“MENULIS AKADEMIK”

 

                   
               DISUSUN OLEH :

Nama              :   NUR NANINGSIH
                                                NIM                  :   1252132043
                                                Kelas                :   B
                                                PRODI              :   BUSINESS ENGLISH
                                                Fakultas          :   BAHASA DAN SASTRA


UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
Tahun Akademik   2012/ 2013

KATA PENGANTAR

Puji syukur atas kehadirat Allah Subahanawataala, karena dengan rahmat dan karunia-Nya penulis masih  diberi kesempatan untuk menyelesaikan makalah ini. Tidak lupa penulis ucapkan kepada dosen pembimbing dan teman-teman sekalian yang telah memberikan dukungan dalam menyelesaikan makalah ini.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan, oleh sebab itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun, dan semoga dengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman. Amin...



Makassar, November 2012
                                                                                  Penulis

                                                                                                                       Nur Naningsih





DAFTAR ISI

Sampul.......................................................................................................................             1
Kata Pengantar............................................................................................................             2
Daftar Isi....................................................................................................................              3
BAB I                Pendahuluan
a.       Latar Belakang..............................................................................             4
b.      Rumusan Masalah........................................................................               4

BAB II              Pembahasan
A.     Menulis Akademik 
1.      Pengertian Menulis Akademik..................................................             5
2.      Ketidaksantunan Ragam Bahasa  Ilmiah...................................             6
1.      Ketidaksantunan Ejaan..................................................            6
2.      Ketidaksantunan Diksi dan Kalimat...............................             6

BAB III            Penutup
a.       Kesimpulan..................................................................................             9
b.      Saran............................................................................................            9
DAFTAR PUSTAKA..................................................................................................           10


BAB I    PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Menulis ilmiah merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menghasilkan tulisan akademik. Tulisan akademik ialah karya tulis yang disusun oleh orang yang berpendidikan tinggi untuk memperoleh gelar akademik, misalnya disertasi untuk mencapai gelar doktor (S-3), tesis untuk mencapai gelar master (S-2), skripsi untuk mencapai gelar sarjana (S-1), dan karya tulis atau Tugas Akhir bagi program diploma.Tulisan ilmiah bisa juga untuk memenuhi tugas-tugas akademik, misalnya laporan penelitian, makalah untuk diskusi/ seminar. Dalam kurikulum Perguruan Tinggi, karya tulis mempunyai jumlah SKS yang besar, dan dinilai melalui forum ujian. Nilai yang diperoleh pada dasarnya merupakan akumulasi dari kecerdasan, pengetahuan, dan keterampilan yang diperoleh selama di bangku kuliah. Dengan demikian, karya tulis merepresentasikan intelektualitas penulisnya. Bahkan, karya tulis juga merupakan perwakilan mutu  moral penulisnya. Karena karya tulis merupakan perwakilan kualitas berdasarkan ilmu pengetahuan  dan mutu moral penulisnya, karya tulis merupakan unsur yang sangat penting dalam meniti jenjang karier yang lebih tinggi bagi penulisnya.

B.     Rumusan Masalah
a.       Pengertian Menulis Akademik
b.      Ketidaksantunan Ejaan
c.       Ketidaksantunan Diksi dan Kalimat



BAB II               PEMBAHASAN
A.     MENULIS AKADEMIK
1.      Pengertian Akademik
Menulis akademik adalah kegiatan dengan tujuan untuk menghasilkan tulisan akademik. Tulisan akademik merupakan salah satu karya tulis yang disusun akademisi untuk memperoleh gelar akademik, misalnya disertasi untuk mencapai gelar doktor (S-3), tesis untuk  gelar master  (S-2), dan skripsi untuk mencapai gelar serjana (S-1).
(Wahyuni: 2012)
Pemakaian ragam bahasa ilmiah dalam kegiatan menulis akademik dapat diwujudkan melalui kesatuan bahasa di kalangan akademik, baik secara tulisan maupun lisan. Supaya mahasiswa memiliki kesatuan berbahasa, mereka harus sering diberikan bacaan yang dapat ditiru sehingga mereka memiliki keterampilan menulis yang baik. Mahasiswa yang pandai membaca akan lebih cepat menelaah ejaan, diksi, paragraf, dan karangan. Pengembangan kemampuan menulis akdemik mengenai masalah bidang studi dengan konteks Indonesia yang memiliki perang penting dalam pengembangan kepribadian mahasiswa sebagai manusia Indonesia yang berpendidikan. Ragam tulis akademik seperti artikel, makalah, dan laporan yang merupakan beberapa contoh ragam tulis akademik. Untuk mencapai pemahaman yang tetap tentang pengertian tulisan akademik, mahasiswa harus dilibatkan dalam berbagai kegiatan untuk mencapai pemahaman tersebut. Menulis akademik bukanlah suatu pekerjaan yang rumit melainkan mudah. Belajar teori menulis itu mudah tetapi untuk mempraktikkannya tidak cukup sekali saja. ( Jahrir: 2012)
Perbedaan antara bahasa lisan dan bahasa tulisan terletak pada fungsi karakteristiknya.     Namun yang patut diperhatikan adalah kedua bahasa yang  harus memiliki fungsi komunikasi. Dari sinilah kita dapat  mengetahui  hubungan antara bahasa lisan dan bahasa tulisan sehingga kita dapat  mengaplikasikannya dalam proses pembelajaran dan keterampilan menulis. Selain itu,  Pendekatan lain dalam mengembangkan keterampilan menulis adalahadanya pandangan tentangmenulis sebagai suatu proses dan menulis sebagai suatu produk. pendekatan yang berorientasi pada proses adalah yang  lebih mengfokuskan pada aktivitas belajar sedangkan pendekatan yang berorientasi pada produk lebih menghasilkan pada hasil belajar. (Jahrir: 2012)
Menulis diperlukan bagi semua siswa di perguruan tinggi. Ini  merupakan  suatu  proses, dimulai dari pemahaman tugas Anda. Ia kemudian melanjutkan untuk melakukan penelitian dan membaca. Tahap selanjutnya adalah perencanaan dan menulis berbagai draft. Ini diikuti dengan proof reading dan editing. Semua ini harus mengarah pada teks akhir. Menulis akademik adalah praktek sosial yang berarti apa yang orang lakukan bersama. Anda selalu menulis dengan tujuan: untuk menjelaskan, untuk membujuk dan lain- lainnya. Ini berarti bahwa Anda selalu menulis dengan pembaca dalam pikiran. Ini juga berarti bahwa apa yang benar dan salah, cocok atau tidak didefinisikan oleh pengguna dalam komunitas sosial. (Rasman: 2010)
Menulis merupakan kegiatan menyusun serta merangkaikan kalimat sedemikian rupa agar pesan, informasi serta maksud yang terkandung di dalam pikiran, gagasan, dan pendapat penulisdapat disampaikan dengan baik. Untuk itu, setiap kalimat harusdisusun sesuai dengan kaidah-kaidah tata bahasa, serta mampu mendukung pengertian baik dalam taraf signifikan  maupun pada taraf nilai. Kalimat-kalimat yang demikian itu diwujudkan diatas kertas dengan menggunakan media visual. ( Jahrir: 2012)
“David Nunan (1991: 86; 90) menawarkan konsep pengembangan keterampilan menulis yang meliputi (1) perbedaanantara bahasa lisan dan tulis, (2) menulis sebagai proses dan menulis sebagai produk, (3) struktur generik wacana tulis, (4) perbedaan antara penulis terampil dan penulis tidak terampil, dan (5) penerapan keterampilan menulis dalam pembelajaran. Selain itu David Nunan juga menawarkan 3 tahap proses menulis, yaitu (1) tahap prapenulisan, (2) tahap penulisan, (3) tahap revisi atau peyempurnaan.” (Jahrir: 2012)

2.      Ketidaksantunan Ragam Bahasa Ilmiah.
            Kita mampu menemukan ketidaksantunan berbahasa, seperti penerapan ejaan yang salah, pilihan kata yang tidak baku, kalimat yang tidak efektif, paragraph yang tidak padu,dan komvensi penulisan yang tidak teratur . Berdasarkan pengamatan terhadap beberapa karangan yang dibuat oleh mahasiswa, baik karangan ilmiah maupun popular.(Jahrir: 2012)
1.   Ketidaksantunan Ejaan
Ejaan merupakan sebuah aturan atau kaidah yang mengatur cara melambangkan bunyi, cara memisahkan atau menggabungkan kata, dan cara menggunakan tanda baca. Ejaan yang berlaku sekarang adalah Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) yang diresmikan pada 16 Agustus 1972. Ketidaksantunan ejaan pada makalah ada tiga jenis :
a.  Penulisan subjudul
b. Penulisan kata depan
c.  Penggunaan tanda baca.
Menurut EYD, penulisan judul menggunakan huruf kapital diawal kata kecuali kata tugas. Selain itu, tanda titik tidak digunakan dibelakang subjudul dan penulisan subjudul pun tidak menggunakan huruf miring, kecuali judul buku.(Widyapetra: 2009)
2. Ketidaksantunan Diksi dan Kalimat.
Diksi adalah pilihan kata dalam mengungkapkan apa yang ingin disampaikan. Terdapat ketidaksantunan diksi dalam makalah yaitu berhubungan dengan pemilihan kata baku dan tidak baku. Ada beberapa contoh kata baku dan tidak baku :

Kata Tidak Baku                                                          Kata Baku
Apotik                                                                         Apotek
Ijasah                                                                           Ijazah
kwalitas                                                                       kualitas

Menurut kaidah bahasa Indonesia, pembentuk awalan me- akan luluh jika menghadapi kata-kata yang berhuruf awal /s/, /p/, /t/, dan /k/, kecuali kluster seperti /kr/, /pr/, /tr/, dan /sp/. Selain itu ketidaksantunan yang lain terletak juga pada pemilihan kata yang boros dan idiomatik yang salah sehingga kalimat menjadi tidak efektif. (Widyapetra: 2009)



















BAB III   PENUTUP
1.      Kesimpulan
Menulis akademik merupakan proses menulis yang berkaitan dengan pengetahuan tertentu. Menulis dapat berupa tugas akhir, laporan PKL, Kerja Proyek, makalah, atau skripsi. Menulis akademik yang baik adalah memperhatikan tahap penulisan yaitu tahap perencanaan, penulisan, perefleksian, dan perevisian dengan tata tulis yang cermat.
2.      Saran
Berdasarkan materi yang dibahas penulis yaitu “Menulis Akademik”, penulis ingin memberikan saran antara lain:
a.       Sebaiknya kita menyampaikan fakta secara sistematik atau aturan dengan mengemukakan hukum alam kepada situasi yang lebih khusus
b.      Penulisannya cermat, tepat, benar, dan tidak membuat andaian.












DAFTAR PUSTAKA
Jahrir, Andi Sahtiani. 2012. Mata Pengembangan Kepribadian Bahasa Indonesia. Skripsi. Universitas
            Negeri Makassar.
            Akademik/. Diakses 07 Oktober 2012.
Wahyuni, Nurika. 2012. “Langkah-langkah Menulis Akademik”. Blogspot.com/2012/04/langkah
            -langkah-menulis-akademik-htlm. Diakses 07 Oktober 2012.
Widyapetra. 2009. “Ketidaksantunan Tulisan Ilmiah”. http://widyapetra.wordpress.com/2009/01/
            17/ketidaksantunan-tulisan-ilmiah/. Diakses 07 Oktober 2012.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar