Jumat, 28 Desember 2012

muzanu rohman (1252132053)


                                        TUGAS MAKALAH
BAHASA INDONESIA
MENYIAPKAN BAHAN ILMIAH
DENGAN MULTIMEDIA

Disusun oleh:
                              Nama                 : Muzanu Rohman
                              NIM                  : 1252132053
                              Kelas                  : B
                              Prodi                  : Business English
                              Fakultas             : Bahasa dan Sastra
       UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
TAHUN AKADEMIK 2012/2013

DAFTAR ISI
Kata Pengantar................................................................................................... i
Daftar Isi............................................................................................................. ii
Bab I Pendahuluan
A.    Latar Belakang............................................................................................. 1
B.     Rumusan Masalah........................................................................................ 1
Bab II Pembahasan............................................................................................. 2
Bab III Penutup.................................................................................................. 5
Daftar Pustaka.................................................................................................... 6




BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG   
   Dunia perguruan tinggi adalah dunia tempat menempa diri, tempat melatih berbagai ketrampilan,termasuk alat yang digunakan untuk melakukan presentasi. Presentasi menjadi sarana untuk menyampaikan berbagai gagasan.   Dalam era yang modern saat ini seseorang biasanya melakukan presentasi dengan multimedia untuk mempermudah dalam melakukan presentasi.
Dalam kehidupan ril di masyarakat, berbagai kegiatan dan jenis pekerjaan juga membutuhkan adanya presentasi dan untuk mempermudah kegiatan tersebut bisa menggunakan multimedia sebagai sarana presentasi.
Di era yang modern saat ini seseorang lebih cenderung menggunakan sarana yang lebih canggih untuk memudahkan presentasi saat ini. Misalnya, komputer,laptop dan masih banyak lagi yang dapat menunjang dalam melakukan presentasi.

B. RUMUSAN MASALAH
     1. Apakah yang menyebabkan seseorang lebih cenderung menggunakan multimedia sebagai kegiatan presentasi?
    2. Apakah tujuan menggunakan multimedia sebagai sarana presentasi?











BAB II
PEMBAHASAN

A.          Menyiapkan Bahan Presentasi Ilmiah dengan Multimedia
Dalam era teknologi informasi, presentasi ilmiah dengan memakai multimedia sudah menjadi kebutuhan karena beberapa alasan. Pertama, presentasi akan menjadi menarik karena penyaji dapat membuat manuver dalam memvariasi teknik penyajian bahan, termasuk melalui animasi. Kedua, penyaji dapat menghemat waktu karena dapat mengoreksi bahan sewaktu-waktu diperlukan. Ketiga, penyaji dapat memberikan penekanan pada butir permasalahan yang dikehendaki secara menarik. Keempat, penyaji sangat dimudahkan karena membawa bahan dalam bentuk flashdisc. Kelima, bahan presentasi dapat sangat ringkas sehingga membantu peserta menangkap esensi bahan yang dibahas. Keenam peserta dapat langsung mengopi file presentasi yang diperlukan. (Saleh:2011)
Agar manfaat multimedia dapat dinikmati, presentasi multimedia perlu disiapkan dengan baik. Dalam menyiapkan presentasi multimedia, langkah-langkah yang dapat ditempuh adalah sebagai berikut :
Tentukan butir-butir terpenting bahan yang di bahas,penyebutan butir hendaknya tidak boleh terlalu singkat,atur butir-butir tersebut agar alur penyajian runtut dan runtut (koheren dan kohesif)
Kerangka pikir perlu di ungkapkan/disajikan dalam diagram atau bagan alur untuk menunjukan alur penalaranya. Tuliskan semuanya dalam bingkai power point dengan ukuran hurufatau gambar yang memadai. Pilih rancangan slide yang cocok,pastikanbahan yang di sajikan dalam slide dapat di baca oleh peserta, kemudian cetak bahan dalam slide tersebut untukdi gunakan sebagai pegangan dalam penyajian. (fadillah:2011)

B.       TUJUAN MENGGUNAKAN MULTI MEDIA
Seperti yang di jelaskan sebelumnya, untuk mempermudah dalam melakukukan presentasi ilmiah dengan menggunakan multimedia. Secara umum tujuan menggunakan mutimedia adalah
1.      Presentasi akan menjadi menarik karena penyaji dapat membuat manuver dalam memvariasi teknik penyajian bahan, termasuk melalui animasi.
2.      penyaji dapat menghemat waktu karena dapat mengoreksi bahan sewaktu-waktu diperlukan.
3.      penyaji dapat memberikan penekanan pada butir permasalahan yang dikehendaki secara menarik.
4.      penyaji sangat dimudahkan karena membawa bahan dalam bentuk flashdisc.
5.      bahan presentasi dapat sangat ringkas sehingga membantu peserta menangkap esensi bahan yang dibahas.
6.      Ke enam peserta dapat langsung mengopi file presentasi yang diperlukan. (asnugroho:2004)




BAB III
PENUTUP

A.        SIMPULAN
            Presentasi dengan menggunakan ,multimedia yaitu untuk mempermudah jalanya presentasi. Untuk menarik perhatian peserta presentasi karena penyaji dapat membuat maneuver dalam memvariasi teknikpenyajian bahan,termasuk animasi. Penyaji sangat di mudahkankarena membawa bahan dalam bentuk flashdisc. Peserta dapat mengopi file presentasi yang di perlukan.

B.        SARAN
 Berdasarkan materi yang di bahas penulis yaitu “Menyiapkan Bahan Ilmiah Dengan Multimedia” penulis ingin memberikan saran yaitu sebaiknya dalam melakukan presentasi ilmiah lebih baik menggunakan multimedia untuk memperlancar jalanya presentasi agar lebih praktis dan mudah di presentasikan.
















DAFTAR PUSTAKA


1.      Asnugroho. 2004. “Memberikan Presentasi yang Menarik” http://asnugroho.blogspot.com/2004/09/bagaimana-memberikan-presentasi-yang.html
2.      Fadillah, Luthfi Nur. “Presentasi ILmiah dengan Multimedia” http://luthfinurfadhlillah.blogspot.com/2011/06/presentasi-ilmiah.html. Diakses 13 Desember 2012
3.      Saleh, Abdul Rahman. 2011. “Menyiapkan Presentasi dengan Multimedia”



Tidak ada komentar:

Posting Komentar